Studi: Hanya Orang yang Sangat Sakit dan Orang Tua yang Meninggal karena Covid-19 Setelah Vaksinasi

Kompas.com - 21/10/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Studi baru CDC menemukan, orang yang tidak divaksin, 11 kali lebih mungkin meninggal karena Covid-19, serta 10 kali lebih mungkin dirawat inap di rumah sakit. SHUTTERSTOCK/Africa StudioIlustrasi vaksinasi Covid-19. Studi baru CDC menemukan, orang yang tidak divaksin, 11 kali lebih mungkin meninggal karena Covid-19, serta 10 kali lebih mungkin dirawat inap di rumah sakit.


KOMPAS.com - Para peneliti Italia mengungkapkan dalam studi mereka bahwa hanya orang yang sangat sakit dan orang tua usia lanjut yang setelah vaksinasi bisa meninggal karena infeksi.

Orang yang telah mendapat vaksinasi Covid-19, maka sangat kecil kemungkinan meninggal karena penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus corona SARS-CoV-2.

Kecuali, pada mereka yang memang memiliki kondisi sangat sakit dengan penyakit tertentu atau memang sudah berusia lanjut, dilansir dari Reuters, Kamis (21/10/2021).

Hal itu diungkapkan sebuah studi di Italia yang dilakukan oleh National Health Institute (ISS), yang dimuat dalam laporan reguler ISS tentang kematian akibat Covid-19.

Baca juga: CDC: Tidak Divaksin, 11 Kali Lebih Mungkin Meninggal karena Covid-19

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam studi ini menunjukkan usia rata-rata orang yang meninggal karena Covid-19, meskipun sudah divaksinasi adalah 85 tahun.

Bahkan, rata-rata dari mereka memiliki lima penyakit penyerta atau komorbid.

Sedangkan usia rata-rata kematian di antara mereka yang tidak divaksinasi adalah 78 tahun, dengan empat kondisi penyakit penyerta.

Sebagian besar orang yang meninggal karena Covid-19 memiliki masalah jantung, demensia dan kanker, dan ke semuanya ditemukan dengan angka yang cukup tinggi dalam sampel kematian di antara mereka yang telah mendapat vaksinasi.

Baca juga: 545 Dokter Meninggal akibat Covid-19, IDI: Beban Kerja Overload Bisa Turunkan Imunitas Nakes

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.