Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Squid Game Jadi Tontonan Terpopuler di Dunia, Sinetron Indonesia Bisakah Mendunia?

Kompas.com - 05/10/2021, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan, tayangan serial Squid Game asal Korea Selatan menjadi perbincangan hangat dan menjadi tontonan terpopuler di dunia.

Serial drama tentang permainan bertahan hidup atau survival game ini, mulai tayang sejak 17 September 2021 dan ditayangkan di layanan streaming Netflix.

Sejak dirilis, hingga saat ini, Squid Game masih terus menjadi trending, bahkan kepopuleran para pemain drama ini pun semakin melejit.

"Squid Game saat ini menjadi pertunjukan terbesar dalam sejarah Netflix, dalam bahasa apa pun," kata co-CEO Netflix Ted Sarandos seperti dilansir dari ABC News, Sabtu (2/10/2021).

Kepopuleran Squid Game membawa game ini menduduki trending 1 di 83 negara yang menyediakan layanan streaming Netflix.

Lantas, bagaimana dengan sinetron Indonesia, bisakah tayangan masyarakat kita mendunia?

Baca juga: Squid Game Trending 1 di 83 Negara, Kenapa Serial Ini Sangat Populer?

 

Seperti Squid Game yang menjadi tontonan terpopuler di dunia, Peneliti Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) BRIN, Dr. Widjajanti M Santoso M.Litt mengatakan bahwa sinetron Indonesia juga sudah mendunia, namun tanpa dibarengi oleh strategi pengembangan ekonomi kreatif dan penguatan dalam industrinya.

Ia mengungkapkan bahwa sinetron Indonesia ditonton oleh penduduk Malaysia yang dapat menangkap sinyal, mereka cukup menyukainya dan seperti tontonan lainnya.

"Barangkali tidak banyak yang menyadari hal ini, karena sinetron Indonesia terlalu memfokuskan pada pemirsa dalam negeri dengan tema-tema yang disukai mereka," ungkap Widjajanti kepada Kompas.com, Selasa (5/10/2021).

Sinetron adalah bagian dari industri perfilman yang memiliki gerak dan dinamikanya yang berbeda dengan film layar lebar.

Widjajanti menambahkan, belajar dari pengalaman, kita bisa melihat sisi ini yang belum tergarap dengan baik, bahwa industri budaya merupakan bagian yang tidak terlepaskan dari perekonomian.

Jauh sebelum akhirnya Squid Game menjadi tayangan terpopuler, bahkan di Indonesia, beberapa tahun yang lalu, penonton Indonesia terkesima oleh telenovela, sebelumnya oleh opera sabun dari Australia dan Amerika, film televisi dari Jepang juga sudah mencoba pasar Indonesia, sekarang masuk dari berbagai negara lain seperti India.

Baca juga: Squid Game Trending 1 di 83 Negara, Ahli Bocorkan Formula Film Populer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com