Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosis Vaksin Kedua Diperlukan Segera Setelah Sembuh dari Covid-19

Kompas.com - 05/10/2021, 17:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Setelah mendapat dosis vaksin Covid-19, namun kemudian terinfeksi virus corona, maka setelah sembuh, dosis vaksin kedua harus segera diberikan.

Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah studi baru yang dilakukan para peneliti dari Fakultas Kedokteran Azrieli Universitas Bar-Ilan dan Pusat Medis Ziv, dan diterbitkan di jurnal Epidemiology & Infection, dilansir dari Medical Xpress, Selasa (5/10/2021).

Penelitian ini melacak kohort dari 541 petugas kesehatan Ziv Medical Center untuk menentukan bagaimana mereka yang belum terinfeksi Covid-19 merespons vaksinasi dibandingkan pada mereka yang tidak terinfeksi.

Beberapa di antara petugas medis dalam penelitian ini juga telah sembuh dari Covid-19.

Dalam studi bersama tersebut, tenaga kesehatan di Ziv Medical Center, salah satu rumah sakit utama di Israel utara, secara teratur memberikan sampel darah untuk mengukur tingkat antibodi mereka yang telah divaksinasi.

Baca juga: Vaksin Pfizer untuk Anak Lebih Kecil, Apakah Dosis Vaksin Sama dengan Orang Dewasa?

 

Hasil pengamatan menunjukkan, adanya sejumlah perbedaan yang muncul setelah analisis sampel individu yang terinfeksi sebelum dan sesudah mendapat dosis vaksin Pfizer pertama, serta pada mereka yang tidak pernah terinfeksi virus corona.

Orang yang sebelumnya terinfeksi yang telah menerima satu dosis vaksin memiliki tingkat antibodi IgG yang jauh lebih tinggi daripada pekerja yang divaksinasi lengkap yang tidak pernah terinfeksi.

Kendati demikian, infeksi virus corona setelah dosis vaksin Pfizer pertama atau sebelum dosis vaksin Covid-19 kedua diberikan, tidak meningkatkan kadar IgG.

Selain itu, individu yang terinfeksi setelah dosis pertama yang tidak pernah menerima dosis kedua memiliki tingkat antibodi yang sama dengan mereka yang menerima satu dosis dan tidak pernah terinfeksi.

Individu dalam kohort yang terinfeksi pasca-vaksinasi memiliki tingkat antibodi IgG pada 21 hingga 50 hari yang serupa dengan mereka yang tidak pernah terinfeksi yang menerima jumlah dosis vaksin Covid-19 yang sama dan jauh lebih rendah daripada mereka yang terinfeksi sebelum vaksinasi.

Baca juga: Studi: Orang yang Pernah Terinfeksi Covid-19 Cukup Mendapatkan Satu Dosis Vaksin Pfizer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com