Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Cara Pencegahan Covid-19, Strategi Sederhana Lindungi Diri dari Virus

Kompas.com - 18/08/2021, 19:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Healthline


KOMPAS.com - Hampir dua tahun ini, dunia berjuang melawan pandemi virus corona. Para ahli, pakar dan ilmuwan terus mengingatkan pentingnya menerapkan langkah-langkah atau cara pencegahan Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

Bukti ilmiah dari berbagai studi yang dipublikasikan para ilmuwan di seluruh dunia, telah menunjukkan bahwa virus corona SARS-CoV-2 menjadi semakin mudah ditularkan.

Bahkan, munculnya varian-varian baru virus corona yang bersumber dari berbagai mutasi, telah menyebabkan penyakit ini semakin mudah menginfeksi, menyebabkan kesakitan parah hingga kematian.

Berbagai varian virus corona yang telah dilabeli sebagai Variant of Interest (VOI) maupun Varian of Concern (VOC) yang disebut lebih berbahaya saat menginfeksi tubuh.

Di antaranya seperti varian Alpha, varian Delta, varian Iota, varian Gamma hingga varian Beta. Bahkan, varian Delta pun mulai bermutasi menjadi varian Delta plus, yang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 meroket tajam di berbagai negara di dunia.

Covid-19 adalah penyakit baru yang belum memiliki obat khusus, bahkan vaksin Covid-19 masih terus dikembangkan, meski sudah ada beberapa jenis vaksin yang telah dipergunakan di berbagai dunia.

Baca juga: Abai dengan Protokol Pencegahan Covid-19? Bisa Jadi Anda Narsistik atau Psikopat

 

Namun, sepanjang obat Covid-19 dan vaksin Covid-19 yang efektif dapat ditemukan dan digunakan, para ahli dan ilmuwan terus menyarankan pentingnya menerapkan berbagai cara pencegahan Covid-19.

Seperti yang telah kita ketahui penularan Covid-19 atau virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit tersebut, dapat terjadi karena menyentuh mulut, droplet atau tetesan air, baik melalui bersin, batuk, bicara maupun bernapas dari orang yang terinfeksi virus.

Tak sedikit pula orang positif Covid-19 menularkan tanpa gejala sakit, meski banyak juga yang mengalami gejala Covid-19 ringan hingga sedang.

Berikut 12 cara pencegahan Covid-19 yang bisa dilakukan dan terus diterapkan untuk mencegah infeksi virus corona SARS-CoV-2.

1. Sering mencuci tangan

Dilansir dari Healthline, Rabu (18/8/2021), sering mencuci tangan adalah langkah sederhana dalam mencegah penyakit, bahkan tidak hanya Covid-19.

Cuci tangan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan air (air hangat atau dingin) dan sabun, kemudian menggosok tangan selama setidaknya 20 detik.

Anda juga bisa menggunakan sabun antibakteri dan antivirus. Cara pencegahan Covid-19 dengan cuci tangan dapat dilakukan beberapa kali sehari, terutama setelah menyentuh benda apapun, termasuk ponsel atau laptop.

Baca juga: Cegah Risiko Penularan Varian Baru Covid-19, Begini Cara Memakai Masker yang Benar

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com