Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Cara Pencegahan Covid-19, Strategi Sederhana Lindungi Diri dari Virus

KOMPAS.com - Hampir dua tahun ini, dunia berjuang melawan pandemi virus corona. Para ahli, pakar dan ilmuwan terus mengingatkan pentingnya menerapkan langkah-langkah atau cara pencegahan Covid-19, penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

Bukti ilmiah dari berbagai studi yang dipublikasikan para ilmuwan di seluruh dunia, telah menunjukkan bahwa virus corona SARS-CoV-2 menjadi semakin mudah ditularkan.

Bahkan, munculnya varian-varian baru virus corona yang bersumber dari berbagai mutasi, telah menyebabkan penyakit ini semakin mudah menginfeksi, menyebabkan kesakitan parah hingga kematian.

Berbagai varian virus corona yang telah dilabeli sebagai Variant of Interest (VOI) maupun Varian of Concern (VOC) yang disebut lebih berbahaya saat menginfeksi tubuh.

Di antaranya seperti varian Alpha, varian Delta, varian Iota, varian Gamma hingga varian Beta. Bahkan, varian Delta pun mulai bermutasi menjadi varian Delta plus, yang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 meroket tajam di berbagai negara di dunia.

Covid-19 adalah penyakit baru yang belum memiliki obat khusus, bahkan vaksin Covid-19 masih terus dikembangkan, meski sudah ada beberapa jenis vaksin yang telah dipergunakan di berbagai dunia.

Namun, sepanjang obat Covid-19 dan vaksin Covid-19 yang efektif dapat ditemukan dan digunakan, para ahli dan ilmuwan terus menyarankan pentingnya menerapkan berbagai cara pencegahan Covid-19.

Seperti yang telah kita ketahui penularan Covid-19 atau virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit tersebut, dapat terjadi karena menyentuh mulut, droplet atau tetesan air, baik melalui bersin, batuk, bicara maupun bernapas dari orang yang terinfeksi virus.

Tak sedikit pula orang positif Covid-19 menularkan tanpa gejala sakit, meski banyak juga yang mengalami gejala Covid-19 ringan hingga sedang.

Berikut 12 cara pencegahan Covid-19 yang bisa dilakukan dan terus diterapkan untuk mencegah infeksi virus corona SARS-CoV-2.

1. Sering mencuci tangan

Dilansir dari Healthline, Rabu (18/8/2021), sering mencuci tangan adalah langkah sederhana dalam mencegah penyakit, bahkan tidak hanya Covid-19.

Cuci tangan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan air (air hangat atau dingin) dan sabun, kemudian menggosok tangan selama setidaknya 20 detik.

Anda juga bisa menggunakan sabun antibakteri dan antivirus. Cara pencegahan Covid-19 dengan cuci tangan dapat dilakukan beberapa kali sehari, terutama setelah menyentuh benda apapun, termasuk ponsel atau laptop.

2. Hindari menyentuh wajah

Virus corona, SARS-CoV-2 dapat hidup di beberapa permukaan hingga 72 jam. Virus ini dapat menempel di berbagai permukaan benda yang kita sentuh, sehingga sangat disarankan untuk tidak selalu menyentuh wajah, setelah menyentuh benda-benda, seperti pegangan pompa bensin, ponsel, kenop pintu, laptop, atau meja.

Hindari menyentuh bagian wajah atau kepala, termasuk mulut, hidung, dan mata. Hindari juga menggigit kuku. Ini dapat memberi kesempatan virus SARS-CoV-2 untuk berpindah dari tangan ke tubuh Anda.

3. Berhenti berjabat tangan dan memeluk orang

Jangankan menyentuh wajah, disarankan juga untuk tidak berjabat tangan atau bahkan memeluk orang, untuk menghindari penularan Covid-19 yang mungkin dapat terjadi.

Sebab, kontak kulit ke kulit, dapat menularkan virus corona SARS-CoV-2 dari satu orang ke orang lain.

4. Tidak berbagi barang pribadi

Cara pencegahan Covid-19 sederhana yang lainnya yakni mulailah untuk tidak saling berbagi penggunaan barang pribadi. Seperti telepon, alat rias, produk make up, sisir dan lain sebagainya.

Selain itu, penting juga untuk tidak berbagi peralatan makan dan sedotan. Ajari anak-anak untuk mengenali cangkir, sedotan, dan piring lainnya yang dapat digunakan kembali hanya untuk digunakan sendiri.

5. Tutup mulut dan hidung saat bersin dan batuk

Viral load atau jumlah virus SARS-CoV-2 sangat tinggi di hidung dan mulut. Artinya, virus corona ini bisa dengan mudah terbawa oleh tetesan udara ke orang lain saat Anda batuk, bersin, atau berbicara.

Partikel virus tersebut juga dapat mendarat di permukaan yang keras dan bertahan di sana hingga 3 hari. Gunakan tisu atau bersin ke siku Anda untuk menjaga tangan Anda sebersih mungkin. Cuci tangan Anda dengan hati-hati setelah Anda bersin atau batuk, apa pun yang terjadi.

6. Selalu bersihkan permukaan benda dengan disinfektan

Gunakan disinfektan berbasis alkohol untuk membersihkan permukaan keras di rumah Anda. Tak hanya itu, bersihkan juga ponsel, laptop, dan apa pun yang Anda gunakan secara teratur beberapa kali sehari.

Desinfeksi area setelah Anda membawa bahan makanan atau paket ke rumah Anda. Gunakan cuka putih atau larutan hidrogen peroksida untuk pembersihan umum di antara permukaan desinfektan.

7. Jaga jarak fisik (physical distancing)

Jika Anda terinfeksi virus SARS-CoV-2, virus itu akan ditemukan dalam jumlah tinggi di ludah (sputum). Ini bisa terjadi bahkan jika Anda tidak memiliki gejala.

Oleh sebab itu, disarankan untuk menjaga jarak fisik, dengan isolasi mandiri. Artinya tinggal di rumah dan bekerja dari jarak jauh jika memungkinkan.

Sedangkan, apabila Anda harus keluar untuk keperluan mendesak, jaga jarak 2 meter dari orang lain. Anda dapat menularkan virus dengan hanya berbicara dengan seseorang yang dekat dengan Anda.

8. Hindari kerumunan

Cara pencegahan Covid-19 yang bisa dilakukan juga dengan menghindari kerumunan. Berada dalam kelompok atau pertemuan dapat membuat Anda lebih mungkin berhubungan dekat dengan seseorang.

Ini termasuk menghindari semua kegiatab ibadah keagamaan, karena Anda mungkin harus duduk atau berdiri terlalu dekat dengan jamaah lain. Ini juga termasuk tidak berkumpul di taman atau pantai.

9. Hindari makan di tempat umum

Makan dan minum di tempat umum, seperti kafe, restoran atau tempat makan lainnya, tidak lagi bisa dilakukan seperti sebelumnya. Sebab, kini penyebaran virus dan penularannya masih bisa berpotensi terjadi melalui makanan, peralatan makan, piring atau cangkir.

Disarankan Anda masih bisa mendapatkan makanan melalui layanan pengiriman atau takeaway. Pilih makanan yang benar-benar matang dan bisa dipanaskan kembali.

Menurut salah satu studi laboratorium baru-baru ini yang belum ditinjau oleh rekan sejawat, panas tinggi setidaknya 56 derajat Celsius, dapat membantu membunuh virus corona.

10. Cuci bahan makanan segar

Sebelum mengolah makanan, pastikan bahan makanan segar dicuci lebih dulu. Cuci bahan makanan ini di bawah air mengalir, sebelum di makan atau disiapkan untuk dimasak atau diolah.

CDC dan FDA tidak merekomendasikan penggunaan sabun, deterjen, atau produk komersial pada hal-hal seperti buah-buahan dan sayuran. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menangani barang-barang ini.

11. Memakai masker

Memakai masker adalah cara pencegahan Covid-19 yang sangat dianjurkan oleh para ahli atau pakar kesehatan di dunia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan bahwa hampir semua orang memakai masker kain di tempat umum, di mana jarak fisik mungkin sulit diterapkan, seperti saat ke toko atau ke tempat publik lainnya.

Jika digunakan dengan benar, masker dapat membantu mencegah orang yang tidak menunjukkan gejala atau tidak terdiagnosis menularkan SARS-CoV-2 ketika mereka bernapas, berbicara, bersin, atau batuk, yang pada gilirannya, dapat memperlambat penularan Covid-19.

Bahkan, kini penggunaan masker ganda atau masker dobel juga disarankan, terutama sebagai upaya dan cara pencegahan Covid-19 dari penularan varian virus corona, salah satunya varian Delta yang disebut sangat menular. Caranya, dengan menggunakan masker kain di atas masker medis.

12. Isolasi mandiri saat sakit

Saat merasakan gejala Covid-19 atau sakit yang kemungkinan karena infeksi virus corona atau sakit apapun, disarankan untuk menghubungi dokter.

Selain itu, paling penting disarankan untuk tetap di rumah hingga Anda pulih. Cara pencegahan Covid-19 dengan isolasi mandiri ini dapat membantu mencegah penularan virus corona ke orang lain.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/18/193100223/12-cara-pencegahan-covid-19-strategi-sederhana-lindungi-diri-dari-virus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke