Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips BPOM Cegah Penularan Covid-19 di Warung Makan

Kompas.com - 08/04/2020, 12:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski pemerintah menganjurkan warga untuk tinggal di rumah dan hanya keluar apabila mendesak, tak sedikit orang yang masih keluar rumah untuk melakukan beberapa hal.

Salah satunya mampir ke warung makan untuk membeli panganan. Padahal, virus corona mungkin bisa menyebar dari tempat-tempat umum termasuk warung makan lewat benda mati.

Baca juga: Update Corona 8 April: 1,43 Juta Orang Terinfeksi, 302.150 Sembuh

Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Badan POM memberikan panduan atau tips untuk mencegah penyebaran infeksi Covid-19 di warung makan:

1. Pastikan warung, tempat memasak, dan peralatan makan bersih.

2. Jaga jarak fisik 1 meter dengan pengunjung lainnya (physical distancing).

3. Penjual atau penyaji makanan menggunakan masker dan sarung tangan.

4. Penjual atau penyaji makanan dan pengunjung, jika terpaksa makan di tempat, selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir selama 20 detik. Jika tidak tersedia dapat menggunakan hand sanitizer.

5. Pilih makanan yang baru dimasak.

6. Hindari gorengan yang warnanya sudah gelap, sayur yang kelihatan sudah berulang dipanaskan.

7. Beli makanan dan segera pulang.

Baca juga: Bisakah Tertular Virus Corona Saat Berenang di Kolam Umum?

Anda yang harus atau terpaksa membeli makanan di warung makan sebaiknya juga mengikuti anjuran dari Kementerian Kesehatan dalam perilaku keluar-masuk rumah.

Saat keluar rumah Anda sebaiknya menggunakan masker, jaga jarak aman minimal satu meter dengan orang lain, segera cuci tangan pakai sabun, atau gunakan hand sanitizer saat menyentuh benda apapun.

Baca juga: Matematika Ungkap Jumlah Maksimal Kumpulan Orang saat Pandemi Corona

Ketika hendak masuk ke rumah, sebaiknya Anda mencuci tangan dan kaki terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam rumah. Jangan lupa untuk mengganti pakaian yang dipakai di luar tadi, dan mandilah.

Cuci pakaian dan masker kain yang Anda kenakan dari luar sesegera mungkin. Serta, jika memang ada jenis makanan seperti sayur dan buah mentah yang Anda beli, baiknya dicuci dengan benar sebelum dikonsumsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com