Matematika Ungkap Jumlah Maksimal Kumpulan Orang saat Pandemi Corona

Kompas.com - 07/04/2020, 20:04 WIB
Ilustrasi penyebaran virus corona ShutterstockIlustrasi penyebaran virus corona

KOMPAS.com – Pemerintah Indonesia menghimbau warga untuk melakukan physical distancing dan menghindari acara berkumpul selama pandemi Covid-19.

Sebetulnya, semua jenis perkumpulan berisiko terhadap penularan Covid-19. Namun, berapa jumlah orang yang bisa disebut sebagai agenda berkumpul?

Studi baru dari aspek matematika dilakukan oleh sekelompok ilmuwan dari University of Vermont, AS. Studi ini dilakukan bukan hanya sebagai pencegahan penyebaran virus SARS-CoV-2, namun sebagai upaya nyata dalam pemulihan di kemudian hari.

Baca juga: Perlu Isolasi Mandiri Cegah Corona, Begini Protokol dan Parameternya

Penelitian ini dimuat dalam jurnal arXiv.org pada 12 Maret 2020. Para peneliti menggunakan rumus matematika untuk mengetahui jumlah orang yang bisa dianggap sebagai “berkumpul” selama masa pandemi Covid-19.

Model yang mereka ambil memasukkan konsep friendship paradox, yang menyebutkan bahwa teman Anda memiliki jaringan sosial yang lebih besar dibanding Anda sendiri.

Dengan konsep ini, adanya perkumpulan (berapapun jumlah orangnya) akan berdampak sangat buruk karena mungkin ada orang yang sudah terinfeksi.