Kompas.com - 08/04/2020, 08:05 WIB
Ilustrasi berenang ViktorCapIlustrasi berenang

KOMPAS.com - Pandemi corona telah mengubah kebiasaan kita sehari-hari, termasuk berolahraga. Tidak sedikit kolam renang dan gym yang menutup pintunya sebagai upaya untuk menghentikan virus corona.

Namun, sebetulnya bisakah virus corona menular lewat air kolam renang? Masih bolehkah berenang di tengah upaya social distancing ini?

Dilansir dari situs U.S. Masters Swimming, Roberta Lavin selaku profesor kedokteran di College of Nursing, University of Tennessee pernah membahas soal risiko infeksi virus corona di kolam renang publik.

Dia menjelaskan bahwa hingga saat ini, para ahli masih menyelidiki berbagai cara virus corona bisa menular.

Baca juga: Perlu Isolasi Mandiri Cegah Corona, Begini Protokol dan Parameternya

Sejauh ini, yang sudah pasti diketahui adalah virus corona bisa menular lewat droplet yang keluar saat kita sedang batuk dan bersin, tetapi belum ada bukti bahwa virus bisa bertahan hidup di air.

Jika Anda masih merasa khawatir, Lavin juga berkata bahwa konsentrasi klorin di kolam renang pada umumnya cukup kuat untuk membunuh virus.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) juga sependapat. Dalam situs resminya, CDC berkata bahwa hingga saat ini, belum ada bukti bahwa Covid-19 bisa menular antar manusia lewat penggunaan kolam renang dan kolam air panas.

"Pengoperasian, perawatan dan disinfeksi kolam renang yang sesuai standar akan mematikan virus yang menyebabkan Covid-19," imbuh CDC.

Baca juga: Bukan Hanya Organ Paru, Virus Corona juga Bisa Merusak Jantung

Virus di luar air kolam renang

Meski demikian, bukan berarti Anda tidak perlu waspada ketika pergi berenang di kolam renang umum.

Lavin mengatakan bahwa pada situasi ini, Anda harus berasumsi bahwa semua orang terinfeksi dan apa pun yang mereka sentuh telah terkontaminasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X