Kompas.com - 10/08/2021, 16:32 WIB
ilustrasi telur PIXABAY/COULEURilustrasi telur
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Banyak orang yang mengonsumsi telur mentah atau telur setengah matang karena khasiatnya.

Sama seperti telur yang dimasak, telur mentah juga memiliki profil nutrisi yang baik. Telur mentah kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, mineral, antioksidan, dan lain-lain.

Telur mentah juga tinggi lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan penting yang melindungi mata serta menurunkan risiko penyakit mata terkait usia.

Dlansir dari Healthline, di luar manfaat kesehatannya, mengonsumsi telur mentah juga dapat menimbulkan masalah kesehatan, yakni sebagai berikut:

1. Menurunkan penyerapan protein

Satu penelitian kecil mengatakan bahwa makan telur mentah dapat menurunkan protein berkualits berupa 9 asam amino esensial.

Baca juga: Suka Telur Setengah Matang? Ini Cara Aman Menyimpan dan Memasak Telur

Studi tersebut membandingkan penyerapan protein dari telur matang dan mentah pada lima orang. Hasilnya, 90 persen protein dalam telur matang terserap, sedangkan hanya 50 persen protein telur mentah yang diserap.

Masalah penurunan penyerapan protein ini perlu dipertimbangkan jika telur merupakan sumber protein utama.

2. Menghambat penyerapan biotin

Biotin merupakan vitamin B7 yang terlibat dalam produksi glukosa dan asam lemak tubuh. Nutrisi ini juga penting selama masa kehamilan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.