Kompas.com - 15/06/2021, 19:03 WIB
Telur ayam yang ditemukan di zona industri kota kuno Yavneh, Israel
smithsonianTelur ayam yang ditemukan di zona industri kota kuno Yavneh, Israel

KOMPAS.com - Para peneliti di Israel telah menemukan telur ayam utuh yang berusia 1000 tahun lalu.

Menariknya, saat ditemukan telur masih dalam kondisi yang utuh, meski kemudian telur itu retak saat dieskavasi.

"Kami tercengang saat menemukannya. Dari waktu ke waktu kami menemukan pecahan kulit telur, tetapi telur utuh ini luar biasa," kata Alla Nagorsky, arkeolog dari Israel Antiquities Authority (IAA), seperti dikutip dari Smithsonian, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: 5 Tips Memasak Telur yang Paling Sehat, Nutrisinya Tidak Hilang

Tim peneliti menemukan telur tersebut di sebuah lubang pembuangan di zona industri kota kuno Yavneh, Israel.

Telur itu tak pecah, karena terbungkus kotoran manusia yang menciptkana kondisi anaerobil atau bebas oksigen sehingga mencegah pembusukan.

"Bahkan sekarang ini telur jarang bertahan lama di karton supermarket. Sungguh menakjubkan jika telur itu berusia 1000 tahun," ungkap Nagorsky.

Sayangnya, telur itu kemudian retak saat peneliti mengeluarkannya dari tempat penemuan. Beruntung, Ilan Naor, direktur Laboratorium Konservasi Bahan Organik IAA, mampu memperbaiki retakan tersebut.

Sebagian besar isi telur memang bocor yang berakibat hilangnya kuning telur. Namun beberapa masih tersisa dan peneliti menyimpannya untuk analisis DNA di kemudian hari.

Penemuan ini merupakan bagian dari penggalian yang dilakukan menjelang pengembangan lingkungan baru di kota Israel.

Lubang pembuangan itu juga berisi tiga boneka yang terbuat dari tulang—mainan khas zaman itu—dan sebuah lampu minyak.

Lee Perry Gal, seorang arkeolog IAA dan ahli unggas di dunia kuno sendiri mengungkapkan kulit telur memang relatif umum ditemukan selama penggalian situs kuno, tetapi menemukan telur utuh sangat tidak biasa.

Ayam didomestikasi di Asia Tenggara relatif baru, sekitar 6.000 tahun yang lalu, tetapi butuh waktu bagi mereka sebelum dimanfaatkan sebagai makanan manusia,” katanya.