Kompas.com - 07/07/2021, 17:03 WIB
Ilustrasi vitamin D disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh untuk melawan infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19. SHUTTERSTOCK/AlrandirIlustrasi vitamin D disebut dapat meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh untuk melawan infeksi virus corona yang menyebabkan Covid-19.


KOMPAS.com - Suplemen makanan hingga vitamin kini mulai langka di pasaran. Terutama vitamin D yang banyak diburu untuk meningkatkan imunitas dan menjaga kesehatan, serta diyakini dapat mencegah Covid-19.

"Vitamin C, D dan E paling sering dihubungkan dengan sistem imun. Vitamin D memang salah satu yang berkorelasi dengan sistem imun tubuh," kata Guru Besar Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. Zullies Ikawati, Apt, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (7/7/2021).

Prof Zullies mengatakan bahwa sumber vitamin D bisa juga diperoleh dari makanan dan sinar matahari atau berjemur setiap pagi.

Dengan konsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin D, ditambah berjemur setiap pagi, kata Prof Zullies sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian.

Namun, menurutnya, dari beberapa kajian mengungkapkan bahwa ternyata rata-rata orang memiliki kadar vitamin D yang rendah, sehingga perlu tambahan asupan vitamin dari luar, yakni dari suplemen.

Baca juga: Studi Baru: Kadar Vitamin D yang Tinggi Tidak Melindungi dari Covid-19

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

"Vitamin sangat diperlukan untuk tubuh untuk menjaga imun tubuh. Rata-rata per hari kebutuhan vitamin D berdasarkan usia, memang berbeda," jelas Prof Zullies.

Manfaat vitamin D yakni untuk meningkatkan imunitas, dosis vitamin D yang diperlukan pada anak sekitar 400IU sampai 600IU, sedangkan pada orang dewasa juga rata-rata sekitar 600     IU.

Dosis konsumsi vitamin D

Vitamin D dengan berbagai dosis kini banyak diburu, tak hanya oleh mereka yang sedang sakit, tetapi juga yang sehat, dari dosis 400IU hingga 5000IU.

Terutama sejak pandemi Covid-19 semakin meluas dan angka penularan terus meningkat, banyak orang yang mulai memburu berbagai suplemen makanan, vitamin dan obat, sebagai upaya untuk mencegah infeksi Covid-19.

Lantas, berapakah dosis vitamin D yang seharusnya dikonsumsi?

Prof Zullies menjelaskan kebutuhan vitamin D pada orang yang sehat dan orang yang sedang sakit, khususnya mereka yang terkena Covid-19, tentu berbeda. Untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, dosis vitamin D yang disarankan per hari yakni antara 400IU hingga 1000IU.

Baca juga: Vitamin D Membantu Mencegah Covid-19, Benarkah?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.