Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vitamin D Membantu Mencegah Covid-19, Benarkah?

Kompas.com - 05/11/2020, 16:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 masih terus berlanjut dan entah kapan akan berakhir. Para ilmuwan masih terus melakukan penelitian mendalam terkait virus corona, termasuk soal obat dan vaksinnya.

Hal lain yang sedang diselidiki oleh peneliti adalah, apakah vitamin D dapat mengurangi risiko infeksi Covid-19 dan tingkat keparahan penyakitnya.

Meski beberapa penelitian terbaru menunjukkan adanya hubungan antara kadar vitamin D yang rendah dengan risiko yang lebih besar untuk terinfeksi virus corona, menurut para ahli hal tersebut belum cukup membuktikan bahwa vitamin D memang dapat melindungi tubuh dari virus corona.

Baca juga: Jangan Sepelekan 8 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Seperti dikutip dari Live Science, satu studi yang telah diterbitkan 3 September di JAMA Network Open, menemukan bahwa risiko infeksi Covid-19 pada orang dengan kekurangan vitamin D hampir dua kali lebih tinggi daripada orang dengan tingkat vitamin Dyang cukup.

Sementara itu, studi lain, yang diterbitkan pada 27 Oktober di The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, menemukan bahwa pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit memiliki kadar vitamin D yang rendah dibandingkan dengan kelompok pasien yang tidak terinfeksi Covid-19.

Adrian Martineau, yang mempelajari infeksi pernapasan dan kekebalan di Queen Mary University of London, dan juga tidak terlibat dalam studi mengatakan, kaitan tersebut belum cukup membuktikan bahwa kekurangan vitamin D menyebabkan peningkatan risiko Covid-19.

"Tapi itu sugestif dan itu cukup mendorong melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada hubungan sebab-akibat yang sebenarnya," kata Martineau kepada Live Science.

Baca juga: Bagaimana Matahari Membantu Tubuh Membuat Vitamin D?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com