Kompas.com - 07/07/2021, 10:03 WIB

KOMPAS.com - Dalam makalah studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Astronomy, para astronom menemukan ada populasi lubang hitam besar di gugus bintang Palomar 5.

Palomar 5 adalah gugusan bintang yang unik dan merupakan gugus globular yang ditemukan pada tahun 1950 oleh Walter Baade.

Gugus bintang Palomar 5 ini berada di konstelasi Serpens, berjarak 80.000 tahun cahaya dan merupakan salah satu dari sekitar 150 gugus bintang globular yang mengorbit di sekitar galaksi Bima Sakti.

Bahkan, usia gugus bintang ini diperkirakan lebih tua 10 miliar tahun, seperti kebanyakan gugus bintang globular lainnya.

Artinya, gugus bintang Palomar 5 terbentuk pada fase awal pembentukan galaksi.

Baca juga: Perilaku Lubang Hitam Saat Melahap Bintang Serupa

Tim astrofisikawan internasional di University of Barcelona, Italia, menunjukkan kemungkinan fitur yang membedakan Palomar 5, yang sepertinya merupakan hasil dari populasi lubang hitam besar yang jumlahnya mencapai lebih dari 100 lubang hitam di pusat klaster bintang ini.

"Jumlah lubang hitam ini kira-kira tiga kali lebih besar dari yang diperkirakan dari jumlah bintang di dalam klaster, dan itu berarti lebih dari 20 persen dari total massa gugus bintang ini terdiri dari lubang hitam," ungkap Prof Mark Gieles penulis utama studi dilansir dari Phys, Rabu (7/7/2021).

Gieles yang juga profesor di Institute of Cosmos Sciences of the University of Barcelona (ICCUB) ini mengatakan bahwa masing-masing lubang hitam itu memiliki massa sekitar 20 kali massa Matahari.

Lubang hitam-lubang hitam tersebut diyakini terbentuk dalam ledakan Supernova di akhir kehidupan bintang masif, saat gugus bintang Palomar 5 ini masih sangat muda.

Dalam studi penemuan populasi lubang hitam besar di gugus bintang Palomar 5 ini, para peneliti mensimulasikan orbit dan evolusi setiap bintang dari pembentukan gugus bintang hingga peleburan akhir.