Kompas.com - 05/07/2021, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Susu beruang disebut bisa mencegah dan menyembuhkan pasien Covid-19, hingga akhirnya menjadi salah satu produk incaran masyarakat. Dalam sebuah unggahan yang viral belum lama ini, tampak pengunjung toko yang berebut produk susu ini.

Sebenarnya apa yang menyebabkan panic buying dan bagaimana menyikapinya?

Sebab, jika kita tengok ke belakang, hal seperti ini juga muncul di awal pandemi Covid-19 pada Maret 2020. Saat itu, masyarakat memborong masker hingga dijual dengan harga mahal dan menimbulkan kelangkaan.

Baca juga: Viral Rebutan Susu Beruang, Ahli: Gizi Manusia Dewasa Tidak Didongkrak Susu

Dokter, filsuf, sekaligus Ahli Gizi Komunitas, Dr dr Tan Shot Yen, M Hum mengatakan, meski kondisi pandemi Covid-19 saat ini sedang melonjak tajam, tidak seharusnya masyarakat melakukan panic buying atau rebutan memborong suatu produk seperti susu beruang.

"Susu evaporasi, UHT, susu cair sejenis, semuanya sama, dengan komposisi yang Anda bisa baca di labelnya. Enggak ada studi ilmiah yang menghubungkan konsumsi susu dan pencegahan penularan Covid-19," kata dr Tan kepada Kompas.com, Minggu (4/7/2021).

Ia menegaskan, jika kita mau terhindar dari infeksi, satu-satunya pencegahan paling baik adalah dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat.

Selain protokol kesehatan, cara terbaik mencegah dan mengobati pasien Covid-19 adalah meningkatkan imunitas tubuh.

Berkaitan dengan meningkatkan imunitas tubuh, Tan menegaskan bahwa pemenuhan nutrisi dan gizi yang baik adalah hal paling penting untuk dilakukan setiap individu saat ini.

Manfaat susu sapi mencegah infeksi sudah terbukti sejak dahulu kala, terutama manfaat dari air susu ibu (ASI). Akan tetapi, asupan nutrisi yang kita butuhkan tidak hanya berasal dari produk susu.

"Meningkatkan imunitas? Gizi manusia dewasa tidak didongkrak susu. Jika bicara protein, telur juaranya sebab representasi protein sempurna," tegasnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.