Kompas.com - 04/07/2021, 17:00 WIB
Tangkapan layar video saat sejumlah pembeli berebut tumpukan susu beruang di supermarket. screenshootTangkapan layar video saat sejumlah pembeli berebut tumpukan susu beruang di supermarket.

KOMPAS.com - Beberapa hari belakangan, viral video yang menunjukkan masyarakat rebutan memborong produk susu cair steril bermerk "susu beruang". 

Produk susu ini pun sekarang dikabarkan langka di pasaran. Jika pun ada, harganya dibandrol relatif relatif lebih tinggi daripada biasanya.

Fenomena panic buying susu beruang itu lantaran isu yang mengatakan bahwa produk tersebut dapat mencegah atau menyembuhkan pasien yang terinfeksi Covid-19.

Lantas benarkah demikian, apakah produk susu cair yang satu ini benar-benar bisa menyembuhkan pasien Covid-19 dan mencegah dari infeksi?

Baca juga: Susu Beruang Jadi Rebutan, Ini Kata Nestle

Menjawab persoalan tersebut, Ahli Gizi Komunitas, Dr dr Tan Shot Yen, M Hum pun angkat bicara.

Menurut dr Tan, sebenarnya hingga saat ini tidak ada satu jenis produk susu tertentu yang dipastikan bisa mencegah ataupun menyembuhkan pasien yang terinfeksi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Susu evaporasi, UHT, susu cair sejenis semuanya sama dengan komposisi yang Anda bisa baca di labelnya. Nggak ada studi ilmiah yang menghubungkan konsumsi susu dan pencegahan penularan Covid-19," kata dr Tan kepada Kompas.com, Minggu (4/7/2021).

Ia menegaskan bahwa jika kita mau terhindar dari infeksi. satu-satunya pencegahan paling baik adalah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Selain protokol kesehatan, pencegahan dan pengobatan pasien Covid-19 yang terbaik adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Mengenai peningkatan imunitas, kata dr Tan, jelas sekali bahwa pemenuhan nutrisi dan gizi untuk tubuh merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan setiap individu saat ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.