Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Samping Vaksin Covid-19 dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 20/06/2021, 13:01 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber CDC

KOMPAS.com - Mengalami beberapa efek samping akibat vaksin Covid-19 adalah hal yang normal terjadi. Ini disebabkan karena tubuh sedang memberikan respon terhadap vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh Anda.

Normalnya, efek samping akibat vaksin akan hilang 1 sampai 3 hari setelah dilakukan vaksin. Bahkan beberapa orang mungkin tidak merasakan efek samping apapun.

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), berikut adalah beberapa cara untuk meredakan efek samping yang biasa timbul akibat vaksin Covid-19.

Baca juga: Begini Cara Kerja Vaksin, Bisa Mencegah Penyakit

Efek samping lokal

Efek samping lokal adalah efek samping pada lengan tempat disuntikkannya vaksin. Efek samping lokal yang umum terjadi adalah nyeri, pegal, kemerahan, dan bengkak.

Untuk mengatasi efek samping ini Anda bisa melakukan beberapa hal. Pertama, Anda bisa menceluplak handuk ke air dingin, lalu menempelkannya ke tempat suntikan. Ini akan meminimalisir rasa sakit dan bengkak.

Selain itu, penting untuk terus menggerakan lengan Anda untuk beraktivitas dan berolahraga ringan. Ini akan membantuk mengurangi bengkak dan pegal pada lengan yang divaksin.

Baca juga: Efektivitas Vaksin Covid-19 Melawan Virus Corona Varian Delta

Efek samping umum

Efek samping umum adalah efek samping yang timbul dan dirasakan di seluruh tubuh. Efek samping umum akibat vaksin Covid-19 cukup banyak, diantaranya kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, menggigil, demam, dan mual.

Untuk meredakan efek samping di atas, Anda hanya perlu meminum obat yang bisa dibeli di apotek tanpa resep. Contoh obat-obatan yang bisa Anda minum antara lain parasetamol dan ibuprofen.

Obat-obatan tersebut terbukti bisa mengurangi atau menghilangkan gejala atau rasa tidak nyaman yang ditimbulkan akibat vaksin.

Selain itu, untuk meredakan efek samping demam, pastikan Anda meminum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi. Anda juga sebaiknya menggunakan pakaian yang tipis untuk mencegah panas terperangkap di dalam tubuh Anda.

Tidak direkomendasikan untuk meminum obat sejak sebelum menerima vaksin untuk mencegah timbulnya efek samping setelah vaksin.

Kapan ke dokter

Walaupun efek samping yang telah disebut di atas adalah reaksi normal dari tubuh, ada beberapa kondisi dimana reaksi tubuh menjadi tidak normal. Jika terjadi reaksi berlebih atau tidak normal pada tubuh Anda segera hubungi dokter.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Vaksin Aman, padahal Tetap Ada Efek Sampingnya?

Reaksi tidak normal yang pertama adalah jika kemerahan atau nyeri pada lokasi suntikan semakin membutuk setelah lebih dari 24 jam. Kedua, jika efek samping yang telah disebutkan di atas tidak mereda walau telah berlangsung beberapa hari.

Sekarang Anda sudah siap untuk mengantisipasi efek samping vaksing Covid-19. Sudah mendaftarkan diri Anda untuk menerima vaksin?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com