Kompas.com - 20/06/2021, 10:02 WIB


KOMPAS.com- Buletin mingguan yang dipublikasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terbaru mengungkapkan varian baru Covid-19 yang disebut varian Lambda.

Pertama kalinya, varian virus corona ini teridentifikasi di Peru pada Agustus 2020 lalu.

Varian baru virus corona ini dilabeli sebagai 'Variant of Interest' oleh WHO pada 14 Juni 2021 berdasarkan garis keturunan Pango C.37, klad GISAID GR/452Q, klad NextStrain 20D.

Dilansir dari India Today, Sabtu (19/6/2021), WHO menyebut dalam buletin tersebut bahwa varian Lambda sejak terdeteksi pertama kali di Peru, telah dilaporkan menyebar di 29 negara di dunia.

Termasuk di antaranya menyebar di sebagian Amerika Latin, seperti Argentina dan Cile.

Baca juga: Vietnam Deteksi Varian Baru Covid-19, Gabungan B.1.617.2 dan B.1.1.7

 

Lambda ditetapkan sebagai Variant of Interest

Akhirnya, WHO menetapkan varian C.37 itu dengan label Lambda dan termasuk ke dalam Variant of Interest (VOI) global, yang artinya varian baru Covid-19 ini mendapat perhatian meski belum dianggap mengkhawatirkan.

Berdasarkan buletin WHO tersebut, dari semua kasus Covid-19 yang terjadi di Peru sejak April 2021, sebanyak 81 persen kasus berkaitan dengan varian Lambda.

Sementara di Argentina, varian Lambda telah berkontribusi terhadap peningkatan kasus Covid-19 di negara tersebut mencapai 37 persen.

Prevalensi varian virus corona ini terjadi sejak minggu ketiga Februari 2021, antara 2 April dan 19 Mei 2021.

Sedangkan di Cile, prevalensi varian Lambda terus meningkat dari waktu ke waktu. Sedikitnya, varian baru Covid-19 ini berkontribusi terhadap 32 persen kasus Covid-19 secara yang dilaporkan berturut-turut dalam 60 hari terakhir.

Baca juga: Varian Baru Covid-19, Mutasi Ganda Virus Corona Ditemukan di India

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.