Kompas.com - 16/06/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi vaksin Oxford-AstraZeneca yang dinamai AZD1222. Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Oxford University dan AstraZeneca untuk melawan infeksi virus corona. SHUTTERSTOCK/rafapressIlustrasi vaksin Oxford-AstraZeneca yang dinamai AZD1222. Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Oxford University dan AstraZeneca untuk melawan infeksi virus corona.

KOMPAS.com - Sejumlah efek samping yang ada di dalam vaksin membuat masyarakat berpikir ulang untuk mendaftarkan diri disuntik.

Padahal, saat ini vaksin merupakan senjata penting yang kita miliki untuk melawan virus corona yang telah banyak bermutasi dan ada yang lebih menular.

Mungkin banyak masyarakat yang bingung dan bertanya-tanya, 'Katanya vaksin aman, tapi kok ada efek sampingnya seperti demam, sakit kepala, pegal-pegal?'

Jadi apa yang dimaksud aman?

Baca juga: [HOAKS] Vaksin Covid-19 AstraZeneca dan Pfizer Ada Microchip Magnetik

Menurut Dirga Sakti Rambe, Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang fokus di bidang vaksinologi, secara kedokteran dan kesehatan masyarakat, vaksin disebut aman ketika manfaatnya melebihi risikonya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dirga mengatakan, tidak hanya vaksin yang memiliki efek samping. Semua tindakan kedokteran termasuk obat, pembedahan, dan terapi memiliki manfaat dan ada risikonya.

"Jadi, aman itu bukannya tidak terjadi apa-apa. Aman itu ketika manfaatnya melebihi risikonya," jelas dokter Dirga dalam kanal YouTube Pak Ahmad edisi DEBAR (dengerin bareng pakar) darah beku paska vaksin Covid-19 Astrazeneca yang tayang 18 Mei 2021.

Dalam kesempatan tersebut, Dirga pun menyinggung kasus pembekuan darah usai menerima vaksin AstraZeneca.

Ini adalah kasus baru yang sangat jarang terjadi. Menurut data, ada 10 dari 1 juta orang yang telah divaksin yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) berupa pembekuan darah.

Pembekuan darah atau trombosis adalah pembentukan gumpalan darah yang tidak normal di dalam pembuluh darah arteri atau vena.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X