Kompas.com - 16/06/2021, 19:45 WIB


KOMPAS.com- Alam semesta selalu memiliki kejutan yang unik, salah satunya fenomena langka bergabungnya tiga galaksi yang berhasil disaksikan astronom.

Belum lama ini, sebuah studi menemukan tujuh contoh terpisah, dari tiga galaksi yang bertabrakan satu sama lain.

Sebuah tim astronom yang dipimpin oleh Jonathan Williams dari University of Maryland, Amerika Serikat, telah menemukan kluster penggabungan tiga galaksi, dilansir dari Phys, Rabu (16/6/2021).

Namun, astronom memperkirakan salah satunya berpotensi memiliki dua lubang hitam supermasif yang aktif.

Baca juga: Studi: Galaksi Bima Sakti Bengkok, Apa yang Terjadi?

 

Peristiwa ini memungkinkan para astronom mengintip lebih dalam dari dinamika sistem dua objek paling ekstrem di alam semesta ini.

Untuk menemukan keunikan dari sistem ini, Williams melihat dan menganalisis data dari teleskop Very Large Array, European Southern Observatory, W. M. Keck Observatory, Chandra X-ray Observatory, dan Atacama Large Millimeter / Submillimeter Array.

Setelah memeriksa data-data tersebut, ia menemukan sistem di sepetak langit yang sangat terang sekitar 800 juta tahun cahaya jauhnya.

Ketiga galaksi berbeda satu sama lain dalam berbagai cara. Satu galaksi dikenal sebagai tipe Seyfert—cakram berputar besar yang diketahui memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya.

Baca juga: Selempang Galaksi Bima Sakti Hiasi Langit Ramadhan saat Sahur

Halaman:
Sumber PHYSORG
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.