Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penelitian: Vaksin Covid-19 Mungkin Tak Efektif untuk Orang dengan Masalah Sistem Imun

Kompas.com - 25/05/2021, 18:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Penelitian mulai mengungkap, bahwa vaksin Covid-19 kemungkinan tidak bisa memberi perlindungan yang sangat efektif pada kelompok orang tertentu.

Studi menemukan, bahwa orang dengan immunocompromised atau masalah sistem imun cenderung kurang mengembangkan kekebalan terhadap virus corona setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Bahkan sebelum peluncuran vaksin dimulai akhir tahun lalu, para ahli telah memperkirakan bahwa orang dengan sistem imun yang lemah akan kurang terlindungi oleh vaksinasi.

Baca juga: Suntik Vaksin Covid-19, Seperti Ini Cara Kerja Vaksin Dalam Tubuh

Sudah diketahui bahwa virus corona dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius dan bertahan jauh lebih lama pada orang dengan gangguan kekebalan, berkat respons kekebalan yang lebih lemah yang dihasilkan untuk melawannya.

Melansir Gizmodo, respons imun yang lemah ini juga dapat membuat sistem imun yang tertekan lebih rentan terhadap infeksi ulang, yang dianggap jarang terjadi pada kebanyakan orang.

Tetapi, semakin bukti mulai menunjukkan gambaran tentang betapa kurang efektifnya kekebalan yang diberikan oleh vaksin bagi individu-individu ini.

Awal bulan Mei ini, misalnya, sebuah penelitian yang mengamati ratusan penerima transplantasi organ menemukan, bahwa hanya 15% yang memproduksi antibodi terhadap virus corona segera setelah dosis pertama vaksin mRNA diberikan.

Sementara pada dosis kedua, hanya 54% yang memproduksi antibodi virus corona.

Meski antibodi bukan satu-satunya indikator kekebalan, banyak penelitian lain menunjukkan bahwa sebagian besar orang, setelah infeksi atau vaksinasi, memang menciptakan antibodi dan memiliki kekebalan yang kuat, sehingga hasil ini tetap dianggap meresahkan.

Penerima transplantasi organ dan orang-orang dengan kondisi seperti kanker tertentu harus mengonsumsi obat penekan kekebalan atau perawatan seperti radiasi, yang secara artifisial melemahkan sistem kekebalan mereka.

Baca juga: Waspadai 11 Tanda Sistem Kekebalan Tubuh Anda Bermasalah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com