Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Ditemukan Virus Corona Baru di Malaysia, dari Anjing | Flu Burung Menyebar di 46 Negara

Kompas.com - 25/05/2021, 07:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Seperti yang sudah "diramalkan" para ahli, virus corona baru akan ditemukan di masa depan.

Di tengah berjuang melawan pandemi Covid-19, belum lama ini ilmuwan mengumumkan adanya virus corona jenis baru yang teridentifikasi di Malaysia. Hal yang mengejutkan, virus corona baru ini didga kuat berasal dari anjing yang melompat ke manusia.

Berita soal virus corona baru yang teridentifikasi di Malaysia menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com, edisi Senin (24/5/2021) hingga (25/5/2021).

Selain virus corona baru, penilaian ahli media LIPI soal konten keguguran Aurel yang dibanjiri kritik warganet juga menjadi berita populer lainnya.

Tak cuma itu, peringatan flu burung yang sudah menyebar di 46 negara hingga manfaat air kelapa menjadi berita populer lainnya.

Berikut ulasan berita populer Sains hari ini.

Baca juga: [POPULER SAINS] Satgas IDI Larang Vaksin AstraZeneca untuk 30 Tahun ke Bawah | Varian Baru Virus Corona Tak Terdeteksi Tes Antigen?

1. Virus corona baru dari Malaysia

Ilustrasi anjing menggunakan masker. Virus corona baru yang terdeteksi di Malaysia melompat dari anjing ke manusia.SHUTTERSTOCK/oneinchpunch Ilustrasi anjing menggunakan masker. Virus corona baru yang terdeteksi di Malaysia melompat dari anjing ke manusia.

Para ilmuwan melaporkan virus corona baru yang melompat dari hewan ke manusia. Virus ini berasal dari sumber yang mengejutkan, anjing.

Ketika pandemi Covid-19 pertama kali meledak, Dr. Gregory Grey penasaran apa mungkin ada virus corona lain yang membuat orang sakit dan memicu terjadinya wabah baru.

Melibatkan mahasiswa pascasarjananya yang menciptakan alat tes canggih untuk mendeteksi virus corona, mereka menemukan virus corona baru di Malaysia.

Para pasien yang kebanyakan anak-anak tampak seperti menderita pneumonia biasa.
Namun, 8 dari 301 sampel yang diuji (2,7 persen), diketahui bahwa saluran pernapasan bagian atas pasien terinfeksi oleh virus corona canine, atau virus corona anjing.

Baca selengkapnya tentang penelitian virus corona baru di sini:

Bukan Kelelawar, Virus Corona Baru yang Terdeteksi di Malaysia dari Anjing

2. Menyoal banjir kritik konten keguguran Aurel Atta

Aurel Hermansyah menangis saat menceritakan pendarahan hingga alami keguguranYouTube Atta Halilintar Aurel Hermansyah menangis saat menceritakan pendarahan hingga alami keguguran

Warganet bersimpati dengan kabar keguguran yang dialami Aurel Hermansyah. Namun setelah itu, konten-konten terkait Aurel keguguran terus tayang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com