Kompas.com - 15/05/2021, 17:03 WIB

KOMPAS.com - Ahli paleontologi di Meksiko menemukan spesies baru dinosaurus yang diyakini sangat komunikatif.

Saat hidup di zamannya, ahli percaya bahwa dinosaurus yang dinamai Tlatolophus galorum mampu mengeluarkan suara frekuensi rendah mirip gajah, untuk berbicara dengan kawanannya.

T. galorum diperkirakan punah sekitar 72 juta tahun yang lalu, di tempat yang sekarang menjadi negara bagian utara Meksiko, Coahuila.

Ahli paleontologi pertama kali menemukan ekor T. galorum.

Baca juga: Dinosaurus Kecil Seukuran Ayam Ini Punya Penglihatan Sangat Tajam

Dilansir Reuters, Jumat (15/5/2021), penyelidikan ini melibatkan spesialis dari Universitas Otonomi Nasional Meksiko.

Mereka memulai penelitian sejak 2013, ketika pertama kali menemukan bagian ekor T. galorum.

Setidaknya tengkorak dinosaurus jambul T. galorum yang ditemukan ada sekitar 80 persen. Ini memungkinkan para ahli untuk membandingkannya dengan dinosaurus lain yang sejenis.

Setelah itu, mereka menemukan sebagian besar tengkoraknya, termasuk tulang berongga di jambul yang berukuran 1,32 meter, tulang paha, dan tulang bahu.

"Setelah kami menemukan ekornya, kami terus menggali di bawah tempatnya berada. Yang mengejutkan adalah kami mulai menemukan tulang seperti tulang paha, tulang belikat, dan elemen lainnya," kata ahli paleobiologi Angel Alejandro Ramírez, seorang ilmuwan yang terlibat dalam penemuan tersebut.

"Kami memperkirakan panjang dinosaurus sekitar 8-12 meter. Panjang ekornya sendiri sekitar 6 meter," imbuh Ramirez.

Sumber Reuters,AFP