Kompas.com - 15/05/2021, 13:02 WIB
Ilustrasi babi Ilustrasi babi

KOMPAS.com - Saat Anda membaca tulisan ini, Anda pasti sedang bernapas. Udara mengalir ke paru-paru melalui saluran napas bagian atas yang mencakup mulut dan hidung, masuk dan keluar dengan cara yang sama untuk menyuplai oksigen ke tubuh.

Cara bernapas ini juga yang dilakukan oleh mamalia lainnya.

Namun menurut penelitian terbaru, rupanya babi dan hewan pengerat seperti tikus juga dapat bernapas melalui pantat.

Secara teknis, ini merupakan pengiriman oksigen melalui usus rektal, dengan bantuan ventilator. Hal yang sama seperti saat petugas medis melakukan prosedur enema, yakni memasukkan cairan ke dalam kolon melalui anus.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Setiap Lumba-lumba Punya Nama, Mirip Manusia

Pernapasan melalui usus memang terdengar aneh. Namun cara ini sebenarnya juga dilakukan ikan dan sudah diketahui ahli.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam kondisi darurat saat oksigen rendah atau hipoksia, beberapa hewan air seperti teripang, lele air tawar, dan loach air tawar memaksimakan asupan oksigen dengan bernapas melalui isi perut.

Secara alami, ini menimbulkan pertanyaan menarik. Apakah hewan lain dapat melakukan hal yang sama, termasuk mamalia?

Meski tidak mungkin, tim ilmuwan Jepang dan Amerika yang dipimpin ahli bedah toraks Ryo Okabe dari Universitas Kyoto memutuskan untuk mencari jawaban dari pertanyaan itu.

Mereka juga berharap, penelitian ini dapat menentukan kelayakan ventilator rektal (lewat anus) untuk pasien manusia.

"Alat bantu pernapasan buatan memainkan peran penting dalam manajemen klinis dari kegagalan pernapasan akibat penyakit parah seperti pneumonia atau sindrom gangguan pernapasan akut," kata ahli gastroenterologi Takanori Takebe dari Universitas Kedokteran dan Gigi Tokyo dan Pusat Medis Rumah Sakit Anak Cincinnati.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X