Kompas.com - 15/05/2021, 14:01 WIB
Etruscan shrew freepikEtruscan shrew

KOMPAS.com - Ternyata ada mamalia yang berukuran sangat kecil di dunia namun memliki peranan bagi ekosistem kita. Dilansir dari Treehugger (1/10/2020), berikut hewan terkecil di dunia.

Etruscan shrew

Banyak sekali jenis tikus kecil di dunia, namun Etruscan shrew ini adalah hewan sekaligus mamalia terkecil. Berat badan tikus kecil ini kurang dari 4 gram dengan panjang badan hanya sekitar 3,9 sentimeter.

Walaupun badannya sangat kecil, Etruscan shrew memiliki nafsu makan yang sangat besar. Dia bisa makan sebanyak dua kali berat badannya sendiri dalam sehari.

Baca juga: Hewan Juga Bisa Tertawa, Analisis Data Vokalisasi Buktinya

Pygmy jerboa

Pygmy jerboaNational geographic Pygmy jerboa

Pygmy jerboa merupakan binatang pengerat terkecil di bumi. Panjang tubuhnya hanya sekitar 4 sentimeter dan memliki ekor yang panjangnya bisa mencapai 7,6 sentimeter.

Pygmy jerboa bisa melompat karena memiliki kaki belakang seperti kanguru. Kaki ini berfungsi untuk beradaptasi dan bergerak dengan cepat di habitat aslinya di padang pasir Afrika Selatan dan Asia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengapa Serangan Jantung Tidak Terjadi pada Hewan?

Bumblebee bat

Bumblebee bathttp://earthporm.com/ Bumblebee bat

Bumblebee bat merupakan kelelawar terkecil di dunia dan mamalia terkecil berdasarkan ukuran tengkoraknya. Berat badannya hanya 1,9 gram. Sedangkan panjangnya hanya 2,9 sentimeter, atau sebesar koin 500 rupiah saja.

Dilansir dari International Union for Conservation of Nature’s Red List of Threatened Species, sejak 31 Agustus 2018, Bumblebee bat terdaftar sebagai hewan yang terancam punah karena karena aktivitas manusia. Kegiatan manusia yang mengganggu ekosistem kelelawar kecil ini adalah pertambangan dan rekreasi.

Least weasel

Least weaselShutterstock Least weasel

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X