Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Terkecil di Dunia, Ada yang Sebesar Koin

Kompas.com - 15/05/2021, 14:01 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Ternyata ada mamalia yang berukuran sangat kecil di dunia namun memliki peranan bagi ekosistem kita. Dilansir dari Treehugger (1/10/2020), berikut hewan terkecil di dunia.

Etruscan shrew

Banyak sekali jenis tikus kecil di dunia, namun Etruscan shrew ini adalah hewan sekaligus mamalia terkecil. Berat badan tikus kecil ini kurang dari 4 gram dengan panjang badan hanya sekitar 3,9 sentimeter.

Walaupun badannya sangat kecil, Etruscan shrew memiliki nafsu makan yang sangat besar. Dia bisa makan sebanyak dua kali berat badannya sendiri dalam sehari.

Baca juga: Hewan Juga Bisa Tertawa, Analisis Data Vokalisasi Buktinya

Pygmy jerboa

Pygmy jerboaNational geographic Pygmy jerboa

Pygmy jerboa merupakan binatang pengerat terkecil di bumi. Panjang tubuhnya hanya sekitar 4 sentimeter dan memliki ekor yang panjangnya bisa mencapai 7,6 sentimeter.

Pygmy jerboa bisa melompat karena memiliki kaki belakang seperti kanguru. Kaki ini berfungsi untuk beradaptasi dan bergerak dengan cepat di habitat aslinya di padang pasir Afrika Selatan dan Asia.

Baca juga: Mengapa Serangan Jantung Tidak Terjadi pada Hewan?

Bumblebee bat

Bumblebee bathttp://earthporm.com/ Bumblebee bat

Bumblebee bat merupakan kelelawar terkecil di dunia dan mamalia terkecil berdasarkan ukuran tengkoraknya. Berat badannya hanya 1,9 gram. Sedangkan panjangnya hanya 2,9 sentimeter, atau sebesar koin 500 rupiah saja.

Dilansir dari International Union for Conservation of Nature’s Red List of Threatened Species, sejak 31 Agustus 2018, Bumblebee bat terdaftar sebagai hewan yang terancam punah karena karena aktivitas manusia. Kegiatan manusia yang mengganggu ekosistem kelelawar kecil ini adalah pertambangan dan rekreasi.

Least weasel

Least weaselShutterstock Least weasel

Musang ini adalah karnivora terkecil di dunia. Ukuran Least weasel jantan berkisar 17 sentimeter, sedangkan yang betina berukuran 12,7 sentimeter. Berat musang ini hanya sekitar 42 gram. Mungkin sedikit sulit membayangkan hewan sekecil ini adalah karnivora. Namun, bagi tikus-tikus kecil, musang ini adalah karnivora yang mematikan.

Baca juga: Tak Hanya Menghindari Pemangsa, Ini Alasan Lain Hewan Pura-pura Mati

Pygmy possum

Pygmy possumShutterstock Pygmy possum

Ini merupakan jenis marsupilami dengan ukuran hanya sekitar 5-10 sentimeter. Ia hanya memiliki berat sekitar 9 gram. Pygmy possum banyak ditemukan di pegunungan di Australia dan Papua Nugini.

Berdasarkan daftar dari International Union for Conservation of Nature, Pygmy possum termasuk hewan yang terancam punah akibat aktivitas manusia. Pembangunan resor ski, jalan raya, dan pembakaran hutan telah mengancam habitat asli Pygmy possum.

Baca juga: 7 Hewan yang Hidup di Sungai Amazon, Piranha hingga Anaconda Hijau

African pygmy mouse

African pygmy mouseShutterstock African pygmy mouse

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com