Kompas.com - 09/05/2021, 13:25 WIB
. Shutterstock.

KOMPAS.com - Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Tak harus olahraga berat dan dalam waktu lama, terpenting adalah dilakukan secara rutin.

Sebuah studi tahun 2007 terhadap wanita yang tidak aktif menemukan, bahwa bahkan tingkat olahraga yang rendah - sekitar 75 menit per minggu – dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan mereka secara signifikan, jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak berolahraga.

Olahraga mudah yang bisa dilakukan siapa saja adalah berjalan kaki. Olahraga ini baik untuk orang yang kelebihan berat badan, lansia, atau yang sudah lama tidak berolahraga.

Baca juga: Bagaimana Cara Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan?

Anda juga tak memerlukan banyak peralatan, bisa dilakukan kapan saja, dan dapat dilakukan sesuai kemampuan Anda.

Menurut pakar kesehatan Michael Roizen, MD dari Cleveland Clinic, orang yang berjalan kaki setiap hari secara teratur merasakan manfaat kesehatan dan psikologis dari kegiatan sehari-hari mereka.

Lebih lanjut Roizen menyebutkan empat manfaat jalan kaki yang bisa Anda rasakan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Berjalan kaki 30 menit sehari membantu menurunkan berat badan

Jalan kaki merupakan salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Latihan ini relatif mudah dilakukan, mudah untuk persendian, gratis, dan Anda bisa melakukannya setiap hari.

Roizen menyarankan untuk mulai berjalan kaki dalam 20 menit setiap hari demi kebugaran tubuh.

“Jika itu terlalu banyak, mulailah dari yang kecil. Tapi tetapkan tujuan untuk membuatnya menjadi 30 menit sehari, setiap hari,” kata Roizen.

Setelah Anda terbiasa, tingkatkan waktu Anda ke level yang lebih tinggi. Hindaro meningkatkan lebih dari 10% lebih banyak dalam satu hari dari jumlah maksimum Anda pada minggu sebelumnya.

Saat Anda siap, tingkatkan target jalan kaki menjadi 10.000 langkah sehari. Anda bisa memakai pedometer untuk membantu menghitung langkah.

2. Mengurangi stres, menghibur hati, dan meningkatkan harga diri

Seperti yang Anda ketahui, pandemi Covid-19 telah meningkatkan pemicu stres dalam hidup kita. Jika ada satu masalah yang menguras pikiran Anda, cobalah keluar dan berjalan kaki.

Jalan kaki bisa membantu Anda merasa lebih tenang. Aktivitas ini meningkatkan detak jantung Anda, menurunkan tingkat stres, dan mengurangi kemungkinan Anda mengembangkan penyakit lebih lanjut seperti stroke, sindrom patah hati, atau kardiomiopati.

Studi memastikan bahwa berjalan kaki bermanfaat bagi suasana hati, karena dapat melepaskan obat bahagia alami tubuh Anda - endorfin.

“Dan Anda akan bangga di akhir setiap perjalanan dengan menetapkan tujuan kecil untuk bergerak dan mencapainya, sambil meningkatkan kepercayaan diri Anda,” katanya.

Baca juga: Dilema Jalan Kaki di Indonesia dan Dampaknya pada Kesehatan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X