Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari, Menurunkan Berat Badan hingga Mengurangi Stres

Kompas.com - 09/05/2021, 13:25 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu cara menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga. Tak harus olahraga berat dan dalam waktu lama, terpenting adalah dilakukan secara rutin.

Sebuah studi tahun 2007 terhadap wanita yang tidak aktif menemukan, bahwa bahkan tingkat olahraga yang rendah - sekitar 75 menit per minggu – dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan mereka secara signifikan, jika dibandingkan dengan kelompok yang tidak berolahraga.

Olahraga mudah yang bisa dilakukan siapa saja adalah berjalan kaki. Olahraga ini baik untuk orang yang kelebihan berat badan, lansia, atau yang sudah lama tidak berolahraga.

Baca juga: Bagaimana Cara Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan?

Anda juga tak memerlukan banyak peralatan, bisa dilakukan kapan saja, dan dapat dilakukan sesuai kemampuan Anda.

Menurut pakar kesehatan Michael Roizen, MD dari Cleveland Clinic, orang yang berjalan kaki setiap hari secara teratur merasakan manfaat kesehatan dan psikologis dari kegiatan sehari-hari mereka.

Lebih lanjut Roizen menyebutkan empat manfaat jalan kaki yang bisa Anda rasakan.

1. Berjalan kaki 30 menit sehari membantu menurunkan berat badan

Jalan kaki merupakan salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan. Latihan ini relatif mudah dilakukan, mudah untuk persendian, gratis, dan Anda bisa melakukannya setiap hari.

Roizen menyarankan untuk mulai berjalan kaki dalam 20 menit setiap hari demi kebugaran tubuh.

“Jika itu terlalu banyak, mulailah dari yang kecil. Tapi tetapkan tujuan untuk membuatnya menjadi 30 menit sehari, setiap hari,” kata Roizen.

Setelah Anda terbiasa, tingkatkan waktu Anda ke level yang lebih tinggi. Hindaro meningkatkan lebih dari 10% lebih banyak dalam satu hari dari jumlah maksimum Anda pada minggu sebelumnya.

Saat Anda siap, tingkatkan target jalan kaki menjadi 10.000 langkah sehari. Anda bisa memakai pedometer untuk membantu menghitung langkah.

2. Mengurangi stres, menghibur hati, dan meningkatkan harga diri

Seperti yang Anda ketahui, pandemi Covid-19 telah meningkatkan pemicu stres dalam hidup kita. Jika ada satu masalah yang menguras pikiran Anda, cobalah keluar dan berjalan kaki.

Jalan kaki bisa membantu Anda merasa lebih tenang. Aktivitas ini meningkatkan detak jantung Anda, menurunkan tingkat stres, dan mengurangi kemungkinan Anda mengembangkan penyakit lebih lanjut seperti stroke, sindrom patah hati, atau kardiomiopati.

Studi memastikan bahwa berjalan kaki bermanfaat bagi suasana hati, karena dapat melepaskan obat bahagia alami tubuh Anda - endorfin.

“Dan Anda akan bangga di akhir setiap perjalanan dengan menetapkan tujuan kecil untuk bergerak dan mencapainya, sambil meningkatkan kepercayaan diri Anda,” katanya.

Baca juga: Dilema Jalan Kaki di Indonesia dan Dampaknya pada Kesehatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com