[POPULER SAINS] Rasanya Kembali Ke Bumi dari Luar Angkasa | Vaksin yang Bisa Melawan Varian Baru Covid-19

Kompas.com - 09/05/2021, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Apa rasanya kembali ke Bumi dari luar angkasa? Empat astronot yang baru saja kembali dari Stasiun Luar Angkasa Internasional menceritakan pengalaman uniknya saat kembali memasuki atmosfer Bumi.

Ini adalah salah satu berita populer Sains edisi akhir pekan, 8-9 Mei 2021.

Selain itu, kabar meninggalnya Raditya Oloan, suami Joanna Alexandra kembali mengingatkan kita bagaimana badai sitokin usai terpapar Covid-19 dapat berakibat sangat fatal.

Namun, temuan peneliti terbaru menyatakan setidaknya ada tiga vaksin Covid-19 yang dianggap mampu melawan varian baru virus corona. Apakah vaksin ini dapat semakin melindungi kita?

Berita populer lainnya, tentang diet. Diet bukan hanya untuk menguruskan badan, beberapa orang melakukan diet untuk menambah berat badan. Tapi bagaimana caranya menaikkan BB dengan cara sehat?

Baca juga: [POPULER SAINS] Kepercayaan WHO Pada Data Vaksin Sinoparm Rendah | Kondisi Covid-19 India

Berikut ulasan Kompas.com.

1. Rasanya kembali ke Bumi dari luar angkasa

Empat astronot yang baru saja kembali dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), menceritakan pengalaman mereka kembali ke Bumi dan merasakan percikan air laut setelah lebih dari 160 hari di luar angkasa, pada Kamis, (6/5/2021).

Kapsul SpaceX Crew Dragon yang membawa empat astronot kembali ke Bumi jatuh di lepas pantai Florida pada Minggu (2/5/2021) pagi waktu setempat.

Empat astronot itu terdiri dari 3 astronot NASA dan satu astronot Jepang. Kelompok mereka dinamai Crew-1.

"Ada saat di mana saya hanya berkata pada diri sendiri, ayo bernapas. Tarik napas. Karena saya merasa sangat berat. Saya merasa seperti kartun yang punya wajah melorot," kata astronot NASA, Victor Glover, salah satu dari 4 astronot Crew-1.

"Ini sangat dinamis dan sangat menantang," kata Glover.

Dilansir dari AFP, Jumat (7/5/2021), Glover mengaku kesulitan bernapas saat memasuki atmosfer Bumi karena bobot percepatan terkonsentrasi di dada.

"Kendati begitu, peluncuran dan kembali ke Bumi adalah pengalaman yang unik," katanya.

Baca selengkapnya pengalaman keempat astronot itu di sini:

Apa Rasanya Kembali ke Bumi dari Luar Angkasa? Ini Kata Astronot

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.