Kompas.com - 08/05/2021, 11:01 WIB
Ilustrasi menimbang berat badan PexelsIlustrasi menimbang berat badan

KOMPAS.com - Memiliki badan yang ramping menjadi impian banyak orang. Namun, jika terlalu kurus juga tidak akan terlihat sehat. Memiliki berat badan kurang dari normal bisa jadi tanda Anda kekurangan nutrisi atau memiliki gangguan kesehatan.

Berat badan di bawah normal bisa dihitung menggunakan BMI. Jika seseorang memiliki BMI 18,5-24,9, maka orang itu dalam rentang yang sehat. Namun, jika BMI-nya di bawah 18,5, makan orang itu termasuk kurus dan sebaiknya menambah berat badan untuk menghindari beberapa penyakit yang mungkin terjadi.

Terlalu kurus bisa menjadi petunjuk bahwa ada gangguan kesehatan pada tubuh Anda. Jika Anda terlalu kurus, Anda mungkin mengalami gangguan berikut ini, yaitu mudah lelah, mual, masalah rambut dan kulit, imun sistem lemah, infertilitas, gangguan makan, dan masalah perkembangan.

Menaikkan berat badan bisa menjadi masalah jika Anda tidak tahu cara menaikkan berat badan yang sehat. Konsep utama menaikkan berat badan adalah dengan mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang dibakar tubuh.

Sebagai acuan, mengonsumsi tambahan 300-500 kalori per hari sudah cukup untuk menaikkan berat badan. Namun jika ingin pertambahan berat badannya lebih cepat, Anda bisa menambah asupan kalori harian hingga bertambah 1.000 kalori.

Baca juga: 10 Manfaat Air Putih bagi Kesehatan, Mengatur Suhu Tubuh hingga Menurunkan Berat Badan

Dilansir dari Mayo Clinic (27/8/2020) ada 10 cara untuk menaikkan berat badan dengan sehat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Makan lebih sering

Jika Anda sangat kurus, Anda mungkin merasa kenyang lebih cepat. Makan 5-6 porsi kecil makanan sehari lebih baik daripada makan 3 kali porsi besar makanan.

Pilih makanan yang tinggi gizi

Pilihlah makanan yang kaya gizi seperti karbohidrat kompleks, gandum, pasta, buah-buahan san sayur-sayuran, produk susu, protein segar, serta biji-bijan dan kacang-kacangan.

Konsumsi protein yang cukup

Mengonsumsi protein 0,8-2 gram protein per kilogram berat badan akan meningkatkan massa otot seseorang, jika disertai denga strength training. Ini merupakan cara untuk menambah berat badan yang sehat.

Minumlah smoothies

Daripada meminum minumas manis yang tidak bernutrisi, cobalah membuat smoothies dengan mencampurkan susu dengan buah-buahan segar dicampur biji-bijian, seperti flaxseed atau chia seed. Bahkan ini bisa dijadikan salah satu makanan pengganti.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X