Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Manfaat Air Putih bagi Kesehatan, Mengatur Suhu Tubuh hingga Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 01/05/2021, 13:05 WIB
Dea Syifa Ananda,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Air putih bukan hanya sebagai penghilang dahaga. Lebih dari itu, air putih memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Terdapat banyak jenis air yang dapat dikosumsi untuk memenuhi asupan cairan harian, namun air putih adalah minuman yang paling baik untuk di konsumsi, karena tidak mengandung kalori atau gula.

Air putih membentuk sebagian besar berat badan manusia dan terlibat dalam banyak fungsi penting, seperti membuang limbah dari tubuh, mengatur suhu tubuh, dan membantu fungsi otak manusia.

Baca juga: Bantu Turunkan Berat Badan, Ini Alasan Air Putih Tak Mengandung Kalori

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter setiap harinya.

Sementara itu, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari dan wanita menyusui 3 liter per hari.

Manfaat air putih

Dilansir Healthline, Selasa (30/6/2020) berikut ini sepuluh manfaat air putih untuk kesehatan tubuh manusia:

1. Membantu membuat air liur

Air adalah komponen utama air liur. Air liur juga mengandung sejumlah kecil elektrolit, lendir, dan enzim. Ini penting untuk memecah makanan padat dan menjaga kesehatan mulut manusia.

Tubuh pada umumnya menghasilkan air liur yang cukup dengan asupan cairan yang teratur. Namun, produksi air liur Anda dapat menurun karena usia atau pengobatan atau terapi tertentu.

2. Mengatur suhu tubuh

Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga suhu tubuh. Pasalnya, tubuh Anda kehilangan air melalui keringat selama aktivitas fisik dan di lingkungan yang panas.

Keringat membuat tubuh Anda tetap dingin, tetapi suhu tubuh Anda akan meningkat jika Anda tidak mengisi kembali air yang hilang. Itu karena tubuh Anda kehilangan elektrolit dan plasma saat mengalami dehidrasi.

3. Melindungi jaringan, sumsum tulang belakang, dan persendian

Konsumsi air putih membantu melumasi dan melindungi sendi, sumsum tulang belakang, dan jaringan Anda.

Ini akan membantu Anda menikmati aktivitas fisik dan mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi seperti artritis.

Baca juga: Cara Minum Air Putih untuk Menurunkan Berat Badan

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com