Kompas.com - 16/04/2021, 20:02 WIB
Ilustrasi planet dalam Tata Surya. Berat badan manusia di Bumi bisa berubah di planet lain di alam semesta ini. SHUTTERSTOCK/Vadim SadovskiIlustrasi planet dalam Tata Surya. Berat badan manusia di Bumi bisa berubah di planet lain di alam semesta ini.


KOMPAS.com - Jika berat badan Anda di Bumi sekarang 50 kg, apakah di planet lain, berat badan manusia akan sama? 

Bumi memiliki gravitasi yang berbeda dengan planet lain. Jika kita datang ke planet tertentu, berat badan kita juga akan berubah. Mengapa ini bisa terjadi?

Ini dikarenakan, berat manusia di planet lain adalah hasil dari massa, kekuatan gravitasi di planet tersebut, dan jarak manusia dari pusatnya.

Massa manusia tidaklah berubah di planet lain, tetapi gravitasi dan ukuran planet tersebutlah yang dapat memengaruhi berat manusia.

Dilansir Live Science, Jumat (16/4/2021), berat adalah gaya yang diberikan gravitasi pada suatu benda karena massanya. Massa Anda tetap konstan di seluruh alam semesta.

Baca juga: Berapa Penurunan Berat Badan yang Ideal dalam Sebulan?

 

Namun, berat badan akan berubah bergantung pada gaya gravitasi yang bekerja pada Anda, yang bervariasi dari planet ke planet.

Hukum Newton tentang Gravitasi Universal mengatakan bahwa segala sesuatu yang bermassa menarik setiap benda yang bermassa, tarikan dengan gaya (a) berbanding lurus dengan hasil kali dua massa benda dan (b) berbanding terbalik dengan kuadrat jarak yang memisahkan pusat mereka.

Lalu bagaimana cara menghitung berat badan di planet lain?

Cara untuk menghitung berat badan di planet lain adalah dengan menghitung berat badan Anda di bumi dikalikan dengan gravitasi permukaan pada planet lain.

Baca juga: Mengapa Berat Badan Turun Saat Stres?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X