Kompas.com - 08/05/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi kucing gatal karena kutu PexelsIlustrasi kucing gatal karena kutu

KOMPAS.comKutu kucing memang berukuran sangat kecil, namun ini sangat mengganggu. Kutu kucing mampu berkembang biak dengan cepat dan membuat kucing Anda tidak nyaman Simak cara menghilangkan kutu kucing di bawah ini.

Sebelum menghilangkan kutu kucung, Anda harus tahu cara mengidentifikasi bahwa kucing Anda diserang kutu kucing. Dilansir dari Pets WebMD (6/2/2021), ada beberapa gejala pada kucing yang menunjukkan ada kutu di bulunya.

Pertama, kucing akan terlihat kegatalan dan menggaruk terus menerus. Rasa gatal akibat kutu kucing bisa timbul karena pertumbuhan kutu kucing yang pesat dan air liur kutu yang biasanya memicu reaksi sensitivitas pada kulit kucing.

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Penjelasannya

Kedua, kucing lebih sering menggigiti bulu dan kakinya. Selain menggaruk, kucing juga menggigiti tubuhnya untuk mengurangi rasa gatal akibat kutu kucing.

Ketiga, pitak atau hilangnya sebagian bulu pada area tertentu. Pitak akibat kutu kucing paling sering terjadi di area ekor dan leher. Air liur kucing bisa memicu reaksi alergi pada kucing. Tidak hanya menimbulkan rasa gatal, tapi ini juga bisa memicu bulu rontok. Ditambah gerakan menggaruk dan menggigit oleh kucing akan memperparah bulu rontok.

Keempat, lemah dan lesu. Kutu kucing bisa menggigiti kucing ratusan kali dalam sehari dan mengisap darah kucing. Pada beberapa kasus yang parah, ini bisa menyebabkan kucing anemia dan bisa terdeteksi pertama kali dengan tanda kucing yang lemah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelima, terlihat secara visual. Jika kutu sudah berkembang biak dengan banyak, biasanya akan mudah melihat adanya kutu dan telur kutu pada bulu kucing.

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Anak Kucing

Kucing biasanya tidak akan terlalu rewel jika sakit atau tidak nyaman. Anda harus lebih peka jika terdapat perubahan perilaku pada kucing Anda. Jika kucing Anda terkena kutu, pasti Anda ingin membantu kucing Anda agar kembali merasa nyaman. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kutu kucing.

Gunakan shampo khusus

Anda bisa membeli shampo khusus untuk membunuh kutu pada kucing di toko hewan atau membeli secara online. Produk akan membantu membunuh kutu dan telur kutu pada kucing.

Obat kutu

Ada obat kutu khusus kucing biasanya berupa tablet kunyah yang bisa dikonsumsi kucing untuk membunuh kutu dan meredakan gejala yang ditimbulkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X