Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Covid-19 Menyebabkan Kerusakan Otak Jangka Panjang?

Kompas.com - 06/01/2021, 16:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber NPR


KOMPAS.com - Pada awal pandemi, penderita Covid-19 mulai melaporkan gejala aneh, yaitu hilangnya bau dan rasa.

Entah bagaimana, virus SARS-CoV-2 atau virus corona tampaknya memengaruhi saraf yang membawa informasi dari hidung ke otak.

Hal itu membuat para ahli saraf khawatir virus corona akan merusak otak.

“Kami takut SARS CoV-2 akan menyerang otak,” kata Dr. Gabriel de Erausquin, seorang peneliti di Glenn Biggs Institute for Alzheimer's and Neurodegenerative Diseases di University of Texas Health Science Center, San Antonio.

Baca juga: Covid-19 Sebabkan Kelelahan, Begini Efek Virus Corona SARS-CoV-2 pada Otak

Ketakutan mereka terbukti beralasan - meskipun kerusakan kemungkinan berasal dari tubuh dan respons otak terhadap virus corona, ketimbang karena virus itu sendiri.

Banyak pasien yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 dipulangkan dengan gejala seperti yang berhubungan dengan cedera otak.

“Ini termasuk, membuat mereka menjadi pelupa, yang kemudian merusak kemampuan mereka ‘berfungsi’ seperti biasa,” kata de Erausquin.

“Mereka mengeluh kesulitan dalam mengatur tugas mereka,” lanjutnya.

Melansir NPR, menurut sebuah laporan dalam jurnal Alzheimer's & Dementia edisi 5 Januari , Covid-19 tampaknya menimbulkan banyak gejala lain terkait otak, mulai dari kejang hingga psikosis.

Tim peneliti, termasuk de Erausquin, mengatakan Covid-19 yang parah, bahkan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit Alzheimer.

Bagi banyak pasien Covid-19 yang terinfeksi, fungsi otak membaik saat mereka pulih. Tetapi, pada beberapa orang lainnya, cenderung mengalami kecacatan jangka panjang.

"Bahkan, jika proporsi angkanya tidak terlalu tinggi, jumlah absolut orang yang akan menderita akibathal ini kemungkinan besar akan tinggi. Karena, begitu banyak orang yang tertular," katanya.

Baca juga: Hasil Otopsi Tunjukkan, Virus Covid-19 Bisa Masuk ke Otak lewat Hidung

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com