Metode Tiup-tiup ala Bidan Novel, Ahli Sebut Mirip Lamaze Breathing

Kompas.com - 06/01/2021, 13:00 WIB
Metode tiup-tiup bidan Novel viral. Metode ini disebut dokter kandungan sama seperti lamaze breathing. Tangkapan layar Instagram/bidan_novelMetode tiup-tiup bidan Novel viral. Metode ini disebut dokter kandungan sama seperti lamaze breathing.

KOMPAS.com - Nama Bidan Novel atau Novelita Damanik menjadi viral belakangan ini karena metode melahirkan tiup-tiup yang sering ditayangkan di akun sosial medianya.

Metode tiup-tiup ini diklaim dapat membantu si ibu melahirkan bayi tanpa perlu mengedan keras dan tidak perlu mengalami robek vagina.

Menanggapi metode tiup-tiup yang viral ini, Dokter Spesialis Obstetri dan ginekologi (Kebidanan dan Kandungan) di Primaya Evasari Hospital, dr RA Sita Daniswati Utari SpOG angkat bicara.

Menurut dokter Sita, metode tiup-tiup seperti yang disebutkan bidan Novel itu tidak ada dalam pelajaran sekolahnya dahulu.

Baca juga: Di Tengah Pandemi, Minimal Ibu Hamil Kontrol Kandungan 7 Kali

"Metode tiup sih enggak ada di pelajaran saat saya sekolah. Tapi ini lebih ke agar (ibu hamil) bisa lebih tenang," kata Sita kepada Kompas.com, Selasa (5/1/2020).

Sita menjelaskan, pada umumnya ketika ibu hamil mengalami kontraksi - tanda akan segera melahirkan - secara otomatis si ibu akan mengejan.

Padahal saat kontraksi terjadi, belum tentu pembukaan vagina lengkap.

Nah, ketika selama kontraksi dan ibu hamil terus mengejan, ini akan membuat si ibu kelelahan sebelum bayi lahir. Dampaknya bayi sulit keluar hingga robekan vagina yang makin lebar.

"Jadi lebih baik saat terjadi kontraksi kita tiup untuk mengatur napas kita. (Ini membuat) rasa sakit saat ada kontraksi lebih tidak terasa," jelasnya.

Meniup atau menghirup napas juga akan membantu ibu tidak mengejan sebelum waktunya, serta membuat si ibu lebih tenang dan rileks.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X