Kompas.com - 02/12/2020, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Hasil analisis sistematik terhadap 33 otopsi pasien Covid-19 menunjukkan bahwa virus corona SARS-CoV-2 bisa masuk ke dalam otak lewat hidung.

Dalam studi yang dipublikasikan di Nature Neuroscience, tim peneliti dari Charité – Universitätsmedizin, Berlin, berusaha untuk menyelidiki mekanisme virus corona bisa masuk ke dalam otak pasien.

Pasalnya, Covid-19 kini telah diketahui tidak hanya memengaruhi paru-paru, tetapi juga jantung, pencernaan, hingga sistem saraf.

Setidaknya satu di antara tiga pasien Covid-19 melaporkan gejala-gejala neurologis, seperti hilangnya kemampuan merasa atau mencium, sakit kepala, pusing, kelelahan, hingga mual. Lalu, dalam beberapa kasus, pasien Covid-19 bahkan bisa mengalami stroke.

Baca juga: Bukti Menjaga Jarak Fisik Efektif Kurangi Penyebaran Covid-19, Studi Jelaskan

Tim peneliti yang berasal dari berbagai disiplin, mulai dari neuropatologi, patologi, kedokteran forensik, virologi, dan perawatan klinis, mempelajari sampel jaringan dari 33 pasien Covid-19 yang meninggal di Charite atau University Medical Center Göttingen.

Sampel jaringan yang diteliti berasal dari mukosa penciuman di bagian atas hidung dan empat bagian otak pasien.

Ketika dites untuk materi genetik SARS-CoV-2 atau protein spike-nya, tim peneliti menemukan bahwa muatan virus terbanyak berada pada mukosa penciuman.

Tidak hanya itu, tim peneliti juga menemukan bukti adanya virus corona di dalam sel saraf dan pada struktur neuroanatomis yang menghubungkan batang otak dengan mata, hidung, dan mulut.