Bagaimana Stres Membuat Kita Jadi Gampang Sakit?

Kompas.com - 03/12/2020, 19:30 WIB
Ilustrasi stres dan gangguan kecemasan tuaindeedIlustrasi stres dan gangguan kecemasan


KOMPAS.com - Stres terjadi ketika kita dalam kondisi tegang secara emosional atau fisik. Stres bisa muncul karena peristiwa atau pemikiran apa pun yang membuat kita merasa frustrasi, marah, atau gugup.

Stres adalah reaksi tubuh terhadap tantangan atau permintaan. Dalam waktu singkat, stres bisa menjadi sesuatu yang positif, seperti saat menghadapi bahaya, stress akan membantu kita menghindarinya.

Menurut psikolog klinis Adam Borland, PsyD, mengalami kecemasan dan kekhawatiran dalam jumlah yang dapat dikelola membantu mempersiapkan kita untuk menghadapi tantangan hidup sehari-hari.

“Memikirkan situasi yang membuat stres juga dapat membantu menemukan solusi untuk masalah tersebut,” kata Borland.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Ini Tips Tidak Jenuh dan Stres Kebanyakan Virtual Daring

Namun, Borland melanjutkan, stres menjadi masalah ketika mulai memengaruhi kemampuan untuk melakukan hal-hal yang diinginkan atau diperlukan.

“Ketika stres mulai membuat sulit tidur dan membuat kita melampiaskannya dengan mengonsumsi berbagai makanan, ini tentu akan berdampak negatif pada kesehatan,” ujarnnya.

Masalahnya stres seringkali sulit dihindari. Sebut saja efek pandemi virus corona yang membuat kita stres, karena harus beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan baru.

Melansir Health Cleveland Clinic, ada beberapa masalah yang bisa ditimbulkan karena stres jangka panjang, di antaranya kualitas tidur yang buruk, mudah marah, sulit berkonsentrasi, sulit menyelesaikan pekerjaan, penyalahgunaan obat-obatan, dan pemilihan makanan yang buruk.

Selain masalah-masalah tersebut, stres jangka panjang juga berisiko menimbulkan masalah kesehatan di dalam tubuh, yang seringkali tidak disadari.

"Selama masa stres fisik atau emosional, sistem saraf simpatik tubuh aktif," kata Dr. Borland.

Baca juga: Stres Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah pada Pasien Diabetes, Kok Bisa?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X