Penemuan yang Mengubah Dunia: Teleskop Radio, Cara Dunia Mengenal Alam Semesta

Kompas.com - 03/12/2020, 10:00 WIB
Teleskop radio Australian Square Kilometre Array Pathfinder (ASKAP) yang dikembangkan dan dioperasikan lembaga sains CSIRO berhasil memetakan sekitar 3 juta galaksi di alam semesta. Peta tersebut disebut ilmuwan sebagai Google Map of the Universe. CSIROTeleskop radio Australian Square Kilometre Array Pathfinder (ASKAP) yang dikembangkan dan dioperasikan lembaga sains CSIRO berhasil memetakan sekitar 3 juta galaksi di alam semesta. Peta tersebut disebut ilmuwan sebagai Google Map of the Universe.

KOMPAS.com- Teleskop radio merupakan salah satu penemuan penting yang membuat mata dunia melihat lebih dalam alam semesta ini.

Teknologi ini telah membawa perubahan besar bagi ilmu astronomi, membawa dunia lebih mengenal beragam misteri alam semesta, seperti lubang hitam, planet, bintang, galaksi hingga beragam benda langit lainnya.

Lantas, apa itu teleskop radio?

Teleskop radio adalah instrumen penting bagi ilmu astronomi radio yang pertama kali berkembang pada awal abad ke-20.

Penemuan teleskop radio ini tidak terlepas dari peran seorang insinyur muda di Bell Laboratories, Karl G. Jansky. Jansky adalah orang pertama yang memiliki peran besar dalam kelahiran cabang baru ilmu astronomi ini.