Jaga Imunitas, 5 Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil di Masa Covid-19

Kompas.com - 26/11/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi ibu hamil NataliaDeriabinaIlustrasi ibu hamil

KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19, seluruh ibu hamil harus menjaga imunitas dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Pasalnya, ibu hamil merupakan salah satu populasi rentan Covid-19. Bila terinfeksi, ibu hamil bisa mengalami keguguran, kelahiran prematur dan pneumonia berat.

Hal ini disampaikan oleh dr. Merwin Tjahjadi, Sp.OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya dalam media discussion RSPI "Aman Melahirkan di Masa New Normal", Rabu (25/11/2020).

Dia juga berkata bahwa menjaga daya tahan ubuh dan meningkatkan imunitas bisa dari banyak hal, yaitu pola makan sehat yang bervariasi dan tinggi protein, serta bantuan suplemen dan vitamin.

Baca juga: Ibu Hamil Positif Covid-19, Haruskah Melahirkan dengan Operasi Caesar?

Di antara berbagai suplemen dan vitamin, ada lima yang telah terbukti secara medis bisa meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil dan baik untuk kandungan.

Dipaparkan oleh dr Merwin, kelima suplemen dan vitamin yang bisa diberikan dengan panduan dari dokter adalah:

1. Asam folat

Asam folat merupakan salah satu bentuk dari vitamin B larut air. Suplemen ini bisa diberikan pada ibu hamil di trimester awal dan bertujuan untuk mencegah keguguran dan neural tube defect (NTD) atau defek tuba neural.

Untuk diketahui, NTD merupakan kelainan kongenital serius yang salah satu bentuknya adalah spina bifida atau kecacatan pada tulang belakang dan saraf tulang belakang.

2. Vitamin D

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X