Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Berat Badan Ideal untuk Ibu Hamil? Ini Kata Dokter

Kompas.com - 16/11/2020, 07:55 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Saat hamil, kebanyakan orang beranggapan harus makan untuk dua orang, yakni diri sendiri (ibu) dan janin dalam rahim. Namun, konsep ini salah.

Berapa kenaikan berat badan yang ideal saat hamil?

Menurut Alexandra Stockwell yang sudah berpengalaman dalam pengobatan keluarga lebih dari satu dekade, berat badan ideal saat hamil sebenarnya ditentukan oleh ukuran dan bentuk tubuh sebelum hamil.

"Secara umum, wanita hamil diharapkan berat badannya naik 2 sampai 4 pon (0,9-1,81 kilogram) pada trimester pertama dan sekitar setengah kilogram setiap minggunya," kata Stockwel.

Baca juga: Hamil di Tengah Pandemi, Kapan Harus Memeriksakan Kehamilan ke RS?

"Biasanya total kenaikan berat badan adalah 25 sampai 35 pon (11,33 sampai 15,87 kilogram)," imbuhnya seperti dilansir The Insider, Minggu (14/11/2020).

Namun untuk perempuan yang sebelum hamil kekurangan berat badan - diukur dengan indeks massa tubuh (BMI) - diharapkan menambah 25 sampai 40 pon (11,33 sampai 18,14 kilogram).

Sementara wanita yang kelebihan berat badan, diharapkan bobot tubuhnya naik 15 sampai 25 pon (6,8 sampai 11,33 kilogram).

Untuk seseorang yang mengandung anak kembar, jumlah berat badan Anda tidak boleh berlipat ganda. Namun ada peningkatan sekitar 37 hingga 54 pon (16,8 sampai 24,5 kilogram). Dengan catatatan, sebelum hamil indeks massa tubuh normal.

Saat lahir, bayi rata-rata memiliki berat sekitar 7 pon (3,18 kilogram).

Jadi, jika rata-rata wanita harus menambah 25 hingga 35 pon (11,33 sampai 15,87 kilogram), lalu ke mana sisa berat badannya?

"Saat hamil, payudara bertambah lebih besar, rahim membesar, ada plasenta, dan cairan ketuban," kata Stockwell.

"Selain itu, peningkatan volume darah, volume cairan, dan simpanan lemak juga membuat berat badan perempuan hamil naik."

Ilustrasi hamilHoneyriko Ilustrasi hamil

Kebutuhan setiap trimester kehamilan

Trimester pertama: naik 1-2 kilogram

Selama trimester pertama, Anda sebaiknya mendapat kenaikan sekitar 1 hingga 2 kilogram.

Di periode ini, panjang bayi hanya sekitar 5 sentimeter, jadi sebagian besar beratnya berguna untuk peningkatan simpanan lemak, rahim, dan plasenta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com