2 Buku Teori Evolusi Charles Darwin Hilang dari Perpustakaan Cambridge

Kompas.com - 26/11/2020, 16:00 WIB
Buku catatan Charles Darwin yang hilang. sciencealertBuku catatan Charles Darwin yang hilang.

KOMPAS.com - Dua buku catatan Charles Darwin yang berisi gagasan awal teori evolusi serta buku sketsanya yang terkenal, Tree of Life, hilang.

Seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (25/11/2020) kedua buku tersebut disimpan di Perpustakaan Universitas Cambridge.

Pihak perpustakaan menyebut bahwa kemungkinan besar kedua koleksi tersebut telah dicuri.

Kehilangan ini menjadi sebuah kerugian besar bagi ilmu pengetahuan. Kedua buku sendiri ditaksir bernilai hingga jutaan poundsterling.

Baca juga: Teori Baru Klaim Charles Darwin Idap Penyakit Ganas Semasa Hidupnya

Charles Darwin menulis buku catatan tersebut pada tahun 1837 setelah kembali dari pelayarannya dengan kapal HMS Beagle.

Dalam buku catatannya yang pertama, ia menggambar diagram yang menunjukan beberapa kemungkinan evolusi suatu spesies. Dari buku tersebut, Charles kemudian menerbitkan bukunya, the Origin of Species pada tahun 1859.

Perpustakaan Universitas Cambridge pertama kali menyebut bahwa kedua buku itu hilang pada tahun 2001 setelah dipindahkan dari Ruang Koleksi Khusus.

Namun pihak perpustakaan saat itu percaya, kedua buku telah terselip di dalam gedung, di antara sekitar 10 juta buku, peta, dan manuskrip lainnya.

Hanya saja setelah pencarian besar-besaran yang dilakukan tahun ini, ternyata gagal menemukan buku catatan tersebut.

"Kurator telah menyimpulkan bahwa buku catatan itu kemungkinan besar telah dicuri," tulis pihak perpustakaan dalam sebuah pernyataan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X