Kompas.com - 15/10/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi cuci tangan, Hari Cuci Tangan Sedunia Shutterstock/SewCreamIlustrasi cuci tangan, Hari Cuci Tangan Sedunia

KOMPAS.com - Tahukah Anda, hari ini adalah Hari Cuci Tangan Sedunia? Untuk tahun ini, tema dari perayaan Hari Cuci Tangan Sedunia adalah Hand Hygiene for All yang berarti kebersihan tangan untuk semua.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang malas mencuci tangan atau tidak mencuci tangan dengan benar.

Padahal, pada masa pandemi Covid-19 ini, menjaga tangan tetap bersih adalah kunci untuk mencegah penyebaran virus corona. Mengapa demikian?

Dilansir dari situs resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), ada tiga alasan utama untuk mencuci tangan menurut sains:

Baca juga: Keajaiban Cuci Tangan, Bisa Cegah Penyakit Termasuk Covid-19

1. Mencegah infeksi dan penyebaran penyakit

Tangan kita sangat mudah terkontaminasi oleh kuman karena digunakan untuk menyentuh banyak hal dalam aktivitas sehari-hari. Bila tidak segera dibersihkan, kuman pada tangan lantas bisa menyebar dan menimbulkan infeksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, banyak orang punya kebiasaan menyentuh area mata, hidung dan mulut tanpa sadar. Padahal, mata, hidung dan mulut bisa menjadi pintu bagi kuman untuk masuk ke dalam tubuh dan membuat kita sakit.

Apalagi bila kita mempersiapkan makanan dan minuman tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. CDC menulis bahwa dalam kondisi tertentu, kuman bisa berkembang biak pada makanan dan minuman dan membuat orang yang mengonsumsinya sakit.

Mennyentuh obyek-obyek, seperti meja, pegangan pintu dan lain-lain, dengan tangan yang kotor juga bisa menyebarkan kuman dari tangan Anda ke tangan orang lain.

Baca juga: Video Viral Indira Kalistha, Mengapa Kita Perlu Pakai Masker dan Cuci Tangan?

Dengan mencuci tangan secara baik dan benar, Anda ikut mencegah diare dan penyakit pernapasan, serta infeksi mata dan kulit.

2. Menyelamatkan anak-anak di dunia

CDC menuturkan bahwa sebanyak 1,8 juta anak-anak di bawah usia lima tahun meninggal dunia karena diare dan pneumonia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.