Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Indira Kalistha, Mengapa Kita Perlu Pakai Masker dan Cuci Tangan?

Kompas.com - 15/05/2020, 15:47 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Baru-baru ini, YouTuber Indira Kalistha mengutarakan pendapatnya mengenai pandemi Covid-19 di Indonesia.

Saat sesi tanya jawab bersama Gritte Agatha, Indira mengatakan bahwa dirinya jarang memakai masker dan mencuci tangan.

"Aku jarang pakai masker, kalau sheetmask aku pakai setiap hari ya, kalau masker yang udara-udara gitu aku enggak pakai, kecuali kalau udah ditegur 'bu, itu maskernya dipakai'. Tapi, kalau enggak ditegur ya kita lepas lagi, ini mampet sayang banget ditutup-tutup. Ini sesek dada, udah sesek," ujar Indira dalam video tersebut.

"Terus kalau habis ke mall atau dari pasar itu setelah pegang macem-macem, misal abis beli makanan nih dari ojek online, itu aku enggak cuci tangan udah makan aja terserah. Allahualam lu kena corona kek kena penyakit demam berdarah, semua bisa mati," lanjutnya.

Baca juga: Update Corona 15 Mei: 4,52 Juta Orang Terinfeksi dan 1,7 Juta Sembuh

Pandangan Indira mengenai hal tersebut lantas menimbulkan kontroversi di kalangan warganet. Banyak orang yang mengecam, namun tak sedikit pula yang setuju dengan apa yang dikatakan Indira.

Mungkin, banyak orang yang memang tidak suka memakai masker dan mencuci tangan karena berbagai alasan. Namun untuk saat ini, di kala penyebaran Covid-19 semakin luas, memakai masker dan mencuci tangan dirasa perlu dan tidak bisa diperdebatkan.

Hal itu dikatakan oleh Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad), dr Panji Hadisoemarto MPH.

“Pada masa-masa awal virus corona muncul, memang ada perdebatan tentang penggunaan masker. WHO sempat mengimbau agar masker digunakan hanya untuk orang yang sakit, karena penggunaannya malah berisiko untuk kita lebih sering memegang wajah,” tutur Panji kepada Kompas.com, Jumat (15/5/2020).

Baca juga: 3 Tahap Psikologis yang Anda Lalui selama Pandemi Covid-19

Pada waktu itu, lanjut ia, masker digunakan untuk mencegah orang sakit menularkan penyakitnya.

“Tapi sekarang sudah tidak seperti itu. Covid-19 sudah menyebar luas. Seseorang bisa menularkan Covid-19 walaupun gejalanya ringan, atau bahkan tanpa gejala. Dengan penyebaran luas dan beragam gejala tersebut, kita tidak bisa membedakan mana yang sakit dan mana yang tidak,” paparnya.

Oleh karena itu, Panji mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker terutama di daerah yang penyebaran Covid-19 sudah luas.

“Saya rasa tidak perlu lagi diperdebatkan. Pakai saja masker. Lagipula masker sekarang menjadi gaya hidup yang lebih sehat karena mencegah berbagai jenis penyakit, tidak hanya Covid-19,” lanjutnya.

Wastafel untuk para penghuni Rukita mencuci tangan secara rutin Dok. Rukita Wastafel untuk para penghuni Rukita mencuci tangan secara rutin

Mencuci tangan

Dalam sesi tanya jawab tersebut, Indira mengatakan bahwa dirinya tidak mencuci tangan usai memegang berbagai benda. Termasuk sehabis dari pasar, atau setelah menerima pesanan makanan dari ojek online.

Panji menegaskan mencuci tangan harus dilakukan, sama halnya dengan mengenakan masker. Hal ini karena Covid-19 ditularkan secara langsung dan tidak langsung.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Begini Cara Mencuci Tangan yang Benar

Covid-19 bisa ditularkan secara langsung apabila kita berada dalam jarak dekat dengan penderita, dan terkena percikan dahaknya. Sementara itu, Covid-19 ditularkan secara tidak langsung apabila kita memegang benda yang telah terkontaminasi virus.

“Penggunaan masker itu mencegah penularan lewat jalur langsung. Sementara mencuci tangan mencegah penularan lewat moda transmisi tidak langsung,” papar Panji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com