Kompas.com - 15/05/2020, 10:03 WIB
Ilustrasi: isolasi mandiri, karantina mandiri, corona, covid-19 ShutterstockIlustrasi: isolasi mandiri, karantina mandiri, corona, covid-19

KOMPAS.com - Pandemi global Covid-19 tak lepas dari permasalahan psikologis. Isolasi mandiri, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan physical distancing berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap tingkat stress individu.

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa RS Pondok Indah Bintaro, dr Leonardi Goenawan SpKJ mengatakan bahwa kondisi psikologis masing-masing individu akan sangat bergantung pada beberapa situasi yang diperjuangkan.

Antara lain ketahanan terhadap stres, latar belakang kesehatan mental, dan dampak disrupsi pandemi Covid-19 terhadap sosial ekonomi dan support system yang tersedia.

Baca juga: Stres Selama Pandemi Covid-19, Harus Bagaimana?

Secara umum, Leo menyebutkan Anda akan mengalami tiga tahap atau strata kondisi perilaku selama pandemi Covid-19. Yaitu tahap disrupsi, tahapa kebingungan dan ketidakpastian, dan tahap penerimaan.

Berikut penjelasan lebih rinci mengenai tiga tahapan psikologis yang berpotensi dialami setiap individu selama pandemi Covid-19.

1. Tahap disrupsi

Hampir setiap orang akan mengalami perubahan pola hidup, perubahan rutinitas sehari-hari, hilangnya kebebasan karena harus hidup dalam karantina atau di rumah saja, dan tidak bepergian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak hanya itu, kata Leo, berbagai informasi yang beredar terkait pandemi ini juga membuat hidup semakin mencekam.

Baca juga: Stres akibat Wabah Corona? Coba Lakukan Telekonseling Gratis

"Tidak sedikit yang mengalami kecemasan tinggi karena khawatir tertular, sulit konsentrasi, yang kemudian diikuti oleh perubahan pola makan dan pola tidur," ujar dia.

Keadaan ini akan membuat penyakit kronis yang sudah lama dialami, akan mulai kembali tidak stabil. Termasuk gangguan-gangguan psikis yang sebelumnya pernah dialami.

2. Tahap kebingungan dan ketidakpastian

Pada tahap kedua ini, Anda akan merasa kelelahan secara mental karena merasa tidak adanya kepastian kapan pandemi berakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X