Kompas.com - 07/07/2020, 07:02 WIB


KOMPAS.com - Kasus Covid-19 di Amerika Serikat terus melonjak, kini hampir 3 juta warga negara ini telah terinfeksi virus corona.

Kendati angka kematian, seperti dilansir dari Science Alert, Senin (6/7/2020), cenderung datar, namun potensi korban meninggal akibat Covid-19 diperkirakan akan melonjak pada Oktober mendatang.

Akan tetapi, jika jumlah kasus lebih tinggi tidak membawa lonjakan kematian secara proporsional, masih ada alasan untuk khawatir.

Baca juga: Kasus Baru Covid-19 di Amerika Serikat Meroket, Tapi Kenapa Kurva Kematian Rata?

Angka kematian bisa lampaui flu musim gugur

Proyeksi dari Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan (IHME) Universitas Washington menunjukkan puncak baru ini tidak diharapkan sama mematikannya dengan yang terjadi pada bulan April.

Model IHME memproyeksikan bahwa AS akan melihat hampir 50.000 kematian akibat virus corona baru dari Juli hingga Oktober.

Itu mendekati jumlah kematian pertempuran AS yang dicatat selama Perang Dunia I.

ilustrasi maskerreuters.com ilustrasi masker

Baca juga: Juli, Amerika Serikat akan Uji Vaksin Corona pada 30.000 Orang

Melansir Business Insider, para ahli khawatir akan lonjakan kasus virus corona melampaui wabah flu biasa yang biasanya terjadi saat musim gugur.

Sebab, ini akan semakin menambah beban kapasitas rumah sakit di seluruh Amerika Serikat.

"Saya melihat terlalu banyak pasien meninggal terlalu dini karena penyebab yang dapat dicegah dan itu adalah tragedi absolut," Howard Koh, profesor di Harvard TH Chan School of Public Health.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.