Ilmuwan Temukan Petunjuk Sumber Energi Galaksi Bima Sakti

Kompas.com - 06/07/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi alam semesta galaksi bima sakti NASA/GSFCIlustrasi alam semesta galaksi bima sakti

KOMPAS.com - Para ilmuwan astronomi kembali mengungkapkan penemuan baru tentang pusat galaksi Bima Sakti.

Penemuan itu telah dilaporkan dalam jurnal Science Advances pada 3 Juli 2020 lalu, yang menguak petunjuk baru tentang sumber kekuatan galaksi kita.

Hal itu diungkapkan L. Matthew Haffner dari Embry-Riddle Aeronautical University, seperti dikutip dari Phys, Senin (6/7/2020).

Haffner yang juga asisten profesor fisika dan astronomi di institusi ini mengatakan pusat Bima Sakti berdesir dengan hidrogen yang telah terionisasi dari elektronnya, sehingga energinya sangat kuat.

Baca juga: Gas Aneh Dekati Jantung Galaksi Bima Sakti, Mungkinkah Lubang Hitam?

"Tanpa sumber energi yang berkelanjutan, elektron bebas biasanya menemukan satu sama lain, dan bergabung kembali untuk kembali ke keadaan netral dalam waktu singkat," jelas dia.

Lebih lanjut Haffner mengatakan dengan cara baru melihat gas yang terionisasi, seharusnya membantu peneliti menemukan jenis sumber energi yang bertanggung jawab untuk menjaga agar semua gas itu tetap berenergi.

Saat cuaca cerah dan tak ada polusi cahaya, Milky Way atau Galaksi Bima Sakti bisa terlihat di langit dan difoto menggunakan kamera.Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Saat cuaca cerah dan tak ada polusi cahaya, Milky Way atau Galaksi Bima Sakti bisa terlihat di langit dan difoto menggunakan kamera.