Galaksi ini Bisa Picu Tsunami yang Hancurkan Pembentukan Bintang

Kompas.com - 29/03/2020, 11:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Quasar adalah galaksi paling bercahaya di alam semesta yang ternyata dapat memberi dampak ledakan radiasi yang hebat. Bahkan diklaim ledakannya seperti tsunami yang bisa hancurkan pembentukan bintang.

Baru-baru ini, para astronom menemukan ledakan radiasi yang berasal dari quasar dapat bertindak seperti tsunami dan menyebar ke galaksi di sekitarnya.

Seperti melansir Science Alert, Kamis (26/3/2020), quasar dapat memuntahkan radiasi dalam jumlah yang sangat besar di luar angkasa, saat lubang hitam supermasifnya melahap material dari cakram akresi kolosal.

Ledakan radiasi yang dapat ditimbulkan quasar diketahui dapat memindahkan partikel ke sepersekian persen dari kecepatan cahaya.

Baca juga: Dahsyatnya Letusan Lubang Hitam di Galaksi Ini Terkuat di Alam Semesta

Namun, dalam penemuan baru ini, ledakan itu dapat membawa dampak yang lebih besar, dengan beberapa lompatan yang lebih cepat.

Bahkan, para ahli menilai, quasar ini dapat menghancurkan materi galaksi rumah mereka, serta memadamkan pembentukan bintang-bintang baru di sekitarnya.

"Arus keluar ini sangat penting untuk memahami pembentukan galaksi," kata ahli astrofisika Nahum Arav dari Virginia Tech.

Arav memaparkan radiasi quasar ini dapat mendorong ratusan massa matahari setiap tahun.