Serba-serbi Hewan: Hiu Paus Punya Ribuan Gigi Kecil di Sekitar Mata

Kompas.com - 06/07/2020, 17:33 WIB
Hiu Paus di Teluk Cendrawasih. https://pesona.travelHiu Paus di Teluk Cendrawasih.

KOMPAS.com - Selain memiliki tubuh raksasa yang bisa tumbuh hingga 18 meter, hiu paus punya kelebihan lain yang belum pernah ditemukan pada vertebrata lain.

Ahli biologi mengungkap, mamalia laut yang biasa ditemui di perairan tropis ini memiliki ribuan gigi kecil yang mengelilingi bola mata mereka. Lantas apa sih fungsinya?

Seperti dikutip dari Phys.org, Senin (6/7/2020) tim peneliti dari Pusat Penelitian Okinawa Churashima, Jepang menyebut bahwa hiu paus memiliki mata di sisi kepala, seperti halnya sebagian besar hiu lainnya.

Baca juga: Studi Ungkap Hiu Paus Mampu Hidup Lebih dari 50 Tahun

Hiu paus juga dapat menarik mata mereka untuk melindungi dari mahluk lain di laut. Namun hal yang membedakan dengan jenis hiu lain adalah hiu paus tak memiliki kelopak mata.

Selain itu juga, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE ini mengungkap bahwa di sekeliling mata hiu paus dilindungi dengan gigi-gigi kecil atau dentikel dermal.

Menurut peneliti, pada setiap mata hiu terdapat sekitar 3.000 gigi kecil.

Mata hiu paus. Gambar A menunjukkan lokasi mata yang di sekitarnya terdapat 3.000 gigi kecil.Tomita et al., jurnal PLOS One Mata hiu paus. Gambar A menunjukkan lokasi mata yang di sekitarnya terdapat 3.000 gigi kecil.

Gigi tersebut tentunya tidak digunakan untuk mengunyah, tapi untuk melindungi mata dari serangan mahluk laut lainnya.

"Bola mata menghadapi potensi risiko kerusakan dari bahaya mekanis, kimia, dan biologis," tulis peneliti dalam makalah.

Melansir Science Alert, Sabtu (4/7/2020) studi mengenai hiu paus (Rhincodon typus) ini mengungkap bahwa gigi di sekitar mata mereka merupakan mekanisme baru perlindungan mata pada vertebrata.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Peneliti Abadikan Momen Hiu Paus Kawin

Ribuan gigi kecil di sekitar mata hiu pausTomita et al., jurnal PLOS One Ribuan gigi kecil di sekitar mata hiu paus

Gigi-gigi kecil (dentikel dermal) juga dikenal sebagai sisik plasoid, sisik kuat dan kecil yang menutupi hiu dan ikan pari.

Strukturnya memang mirip dengan gigi karena memiliki jaringan dentin atau tulang serta lapisan keras seperti enamel.

Meski umum dijumpai pada banyak hiu, namun dentikel dermal yang ditemukan di sekitar bola mata cukup mengejutkan. Hal ini pun mematahkan asumsi sebelumnya yang menyebut kalau hiu paus tak banyak menggunakan indera pengelihatan mereka.

"Studi justru menemukan jika mata hiu dilindungi dengan gigi-gigi itu, menunjukkan pentingnya pengelihatan pada spesies ini," tambah tim peneliti.

sumber https://phys.org/news/2020-07-whale-sharks-tiny-teeth-eyes.html
https://www.sciencealert.com/researchers-discover-that-whale-sharks-have-armoured-eyes


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X