Serba-serbi Hewan: Hiu Paus Punya Ribuan Gigi Kecil di Sekitar Mata

Kompas.com - 06/07/2020, 17:33 WIB
Hiu Paus di Teluk Cendrawasih. https://pesona.travelHiu Paus di Teluk Cendrawasih.

KOMPAS.com - Selain memiliki tubuh raksasa yang bisa tumbuh hingga 18 meter, hiu paus punya kelebihan lain yang belum pernah ditemukan pada vertebrata lain.

Ahli biologi mengungkap, mamalia laut yang biasa ditemui di perairan tropis ini memiliki ribuan gigi kecil yang mengelilingi bola mata mereka. Lantas apa sih fungsinya?

Seperti dikutip dari Phys.org, Senin (6/7/2020) tim peneliti dari Pusat Penelitian Okinawa Churashima, Jepang menyebut bahwa hiu paus memiliki mata di sisi kepala, seperti halnya sebagian besar hiu lainnya.

Baca juga: Studi Ungkap Hiu Paus Mampu Hidup Lebih dari 50 Tahun

Hiu paus juga dapat menarik mata mereka untuk melindungi dari mahluk lain di laut. Namun hal yang membedakan dengan jenis hiu lain adalah hiu paus tak memiliki kelopak mata.

Selain itu juga, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE ini mengungkap bahwa di sekeliling mata hiu paus dilindungi dengan gigi-gigi kecil atau dentikel dermal.

Menurut peneliti, pada setiap mata hiu terdapat sekitar 3.000 gigi kecil.

Mata hiu paus. Gambar A menunjukkan lokasi mata yang di sekitarnya terdapat 3.000 gigi kecil.Tomita et al., jurnal PLOS One Mata hiu paus. Gambar A menunjukkan lokasi mata yang di sekitarnya terdapat 3.000 gigi kecil.

Gigi tersebut tentunya tidak digunakan untuk mengunyah, tapi untuk melindungi mata dari serangan mahluk laut lainnya.

"Bola mata menghadapi potensi risiko kerusakan dari bahaya mekanis, kimia, dan biologis," tulis peneliti dalam makalah.

Melansir Science Alert, Sabtu (4/7/2020) studi mengenai hiu paus (Rhincodon typus) ini mengungkap bahwa gigi di sekitar mata mereka merupakan mekanisme baru perlindungan mata pada vertebrata.