Studi Ungkap Hiu Paus Mampu Hidup Lebih dari 50 Tahun

Kompas.com - 07/04/2020, 09:02 WIB
Hiu Paus di Teluk Cendrawasih. https://pesona.travelHiu Paus di Teluk Cendrawasih.

KOMPAS.com - Sebuah penelitian berhasil mengonfirmasi bahwa hiu paus (Rhincodon typus) mampu hidup hingga 50 tahun lebih.

Temuan tersebut berdasarkan studi yang dilakukan pada sampel tulang belakang yang didapat dari pasar hiu Taiwan sebelum ditutup pada 2007 dan hiu dewasa yang mati terdampar di Pakistan.

Peneliti menggunakan bantuan karbon radioaktif yang disebut karbon-14 untuk menentukan usia pada sampel hiu paus.

Baca juga: Pertama dalam Sejarah, Peneliti Abadikan Momen Hiu Paus Kawin

Berdasarkan analisis, ahli menemukan jika "pita" pertumbuhan terdalam hiu terbentuk pada tahun 1972. "Pita" inilah yang dapat dipakai untuk menunjukkan usia hiu paus.

"Penggunaan radiokarbon sebagai validasi usia ikan untuk pertama kalinya kami terapkan pada tulang belakang hiu paus," kata Joyce Ong, peneliti dari Rutgers University seperti dikutip dari Gizmodo, Senin (6/4/2020).

Lebih lanjut, mengetahui seberapa lama binatang hidup menjadi bagian penting dari konservasi.

Hiu Paus (Whale Shark) di DerawanSHUTTERSTOCK Hiu Paus (Whale Shark) di Derawan

"Mengetahui umur dan ukuran ikan menjadi parameter penting untuk pengelolaan di masa depan karena memberi tahu seberapa tangguh dan cepat spesies dapat pulih dari ancaman seperti penangkapan berlebih," tambah Mark Meekan, peneliti di Australian Institute of Marine Science.

Hiu Paus sendiri tumbuh sangat lambat untuk mencapai ukuran dewasa, setidaknya membutuhkan waktu selama 30 tahun. Ini artinya populasi hiu paus tidak mungkin pulih dengan cepat jika jumlahnya berkurang.

Sebelumnya, menentukan berapa lama hiu dapat hidup di lautan bukan perkara mudah.

Ini lantaran mereka tidak memiliki struktur tulang yang disebut otolith pada telinga yang dapat digunakan untuk menghitung usia ikan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X