Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Baru Covid-19 di Amerika Serikat Meroket, Tapi Kenapa Kurva Kematian Rata?

Kompas.com - 06/07/2020, 16:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Angka infeksi baru Covid-19 di Amerika Serikat terus meroket, data terbaru total mencapai hampir 3 juta kasus, per Senin (6/7/2020).

Berdasarkan Worldometer, di seluruh dunia, virus corona baru ini telah menginfeksi lebih dari 11,5 juta orang dengan angka infeksi baru Covid-19 per hari 13.976 kasus.

Sedangkan angka kematian juga terus meningkat, data terkhir telah mencapai 536.906 kasus di seluruh dunia.

Kendati demikian, di tengah angka kasus infeksi harian di Amerika Serikat yang terus melonjak, kurva kematian akibat Covid-19 di negara ini cenderung tampak rata.

Baca juga: Mayoritas Pasien Covid-19 yang Sulit Mencium Bau, Sembuh dalam Sebulan

Melansir Science Alert, selama lonjakan kedua ini kasus harian baru meroket, tetapi kematian per hari sejauh ini tetap relatif datar.

Proyeksi dari Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan (IHME) Universitas Washington menunjukkan puncak baru ini tidak diharapkan sama mematikannya dengan yang terjadi pada bulan April.

Hal itu terutama dikarenakan peningkatan pengujian atau tes Covid-19 yang berarti lebih banyak kasus ringan yang dikonfirmasi.

Atealla Betancourt di tes di dalam mobil untuk penyakit virus korona (Covid-19) saat penyebarannya di Austin, Texas, Amerika Serikat, Minggu (28/6/2020).ANTARA FOTO/REUTERS/Sergio Flores/WSJ/cfo Atealla Betancourt di tes di dalam mobil untuk penyakit virus korona (Covid-19) saat penyebarannya di Austin, Texas, Amerika Serikat, Minggu (28/6/2020).

Baca juga: Juli, Amerika Serikat akan Uji Vaksin Corona pada 30.000 Orang

Sebagian besar terjadi pada orang-orang muda, sebab seperti yang telah diketahui infeksi Covid-19 jauh lebih fatal terjadi pada orang yang lebih muda.

Di Florida, usia rata-rata kasus virus corona telah turun menjadi 35 kasus dari 65 kasus pada Maret lalu.

Kasus di antara orang di bawah 40 tahun juga mengalami peningkatan di Arizona, California, Minnesota, Ohio, Carolina Selatan dan Texas.

Akan tetapi, jika jumlah kasus Covid-19 lebih tinggi tidak membawa lonjakan kematian secara proporsional, masih ada alasan untuk khawatir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com