Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masker Kain Hanya untuk 4 Jam, Begini Cara Benar Melepasnya

Kompas.com - 15/04/2020, 18:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah telah mengimbau semua anggota masyarakat untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, meski sedang dalam keadaan sehat sekalipun.

Masker kain bisa digunakan oleh masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari. Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengingatkan, penggunaan masker kain tersebut efektif digunakan selama empat jam.

"Masker kain bagi orang yang sehat maksimal dipakai tiga sampai empat jam, setelah itu harus diganti," kata Wiku melalui siaran daring akun YouTube resmi BNPB, Rabu (15/4/2020).

Baca juga: Panduan Lengkap Masker Kain, Bedah dan N95 untuk Cegah Corona

Kendati tidak memiliki gejala, bukan berarti tidak ada kemungkinan Anda terinfeksi virus SARS-CoV-2 sebagai penyebab Covid-19. Sebab, saat ini sudah banyak orang tanpa gejala (OTG) yang memilki virus di tubuhnya, tetapi tidak menunjukkan ada tanda-tanda penyakit.

"Kita memakai masker untuk melindungi orang lain. Siapa tahu kita terinfeksi Covid-19, tapi tidak memiliki gejala. Jadi pakai masker supaya orang lain tidak tertular," tutur Wiku.

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami berbagai gejala penyakit, meskipun belum tentu terinfeksi virus corona, Anda juga diwajibkan memakai masker.

Baca juga: Apakah Masker Kain Buatan Sendiri Bisa Mencegah Infeksi Corona?

Jika tidak memiliki masker medis, masker kain juga bisa dijadikan alternatif agar tidak menyebarkan droplet kepada orang lain di sekitar Anda.

"Bagi orang yang belum memakai masker saat berada di luar rumah, kita dapat mengajak mereka atau bahkan memberikan masker bersih," ujar dia.

Petugas membagikan masker kain untuk warga.Dok. Humas Pemprov NTB Petugas membagikan masker kain untuk warga.

Masker sempat menjadi barang langka di pasaran setelah pemerintah mengumumkan kasus positif Covid-19 pertama. Meski saat ini masker telah dapat kembali diperoleh dengan mudah, Wiku mengatakan, benda itu dapat dibuat sendiri di rumah masing-masing.

Syarat minimal masker kain yang direkomendasikan Wiku adalah berbahan katun, menggunakan tiga lapis kain, kemudian disesuaikan dengan bentuk wajah.

Cara melepaskan masker

Bagian luar masker akan berhadapan dengan berbagai kuman dan bakteri yang tidak kasatmata. Oleh sebab itu, para tenaga medis selalu mengingatkan pakailah masker dengan baik dan benar, utamanya adalah menutup mulut dan hidung.

"Yang penting adalah menutup dagu, mulut, sampai pipi," ujar Wiku.

Berikut antisipasi cara melepaskan masker yang baik agar terhindar dari potensi infeksi virus corona.

1. Lepaskan pengait masker di telinga kanan dengan tangan kanan.

2. Melepaskan pengait masker di telinga kiri dengan tangan kiri.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com