Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juli, Amerika Serikat akan Uji Vaksin Corona pada 30.000 Orang

Kompas.com - 04/06/2020, 16:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Vaksin corona akan tersedia pada akhir 2020 atau awal 2021. Musim panas ini, Amerika Serikat akan menguji vaksin virus corona pada 30.000 orang dan siap memproduksi ratusan juta dosis vaksin untuk virus SARS-CoV-2.

Uji coba vaksin tersebut, seperti dilansir dari Business Insider, Kamis (4/6/2020), dijadwalkan akan dimulai pada pekan pertama Juli mendatang.

Dr Anthony Faucy, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases, mengatakan pekan depan ratusan juta dosis vaksin corona akan disetujui untuk tersedia pada tahun 2021.

Perusahaan bioteknologi, Moderna, yang membuat vaksin virus corona penyebab Covid-19, akan mulai menguji vaksinnya pada 30.000 orang.

Baca juga: China Sebut Vaksin Virus Corona Siap Akhir 2020, 99 Persen Efektif

Itu merupakan Fase 3 dari proses pengembangan klinis vaksin corona. Fase ini adalah tahap uji coba terakhir sebelum vaksin untuk melawan infeksi virus SARS-CoV-2, memperoleh persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

"Kami akan memulai membuat dosis vaksin, jauh sebelum vaksin itu berfungsi," kata Fauci.

Dia mengatakan hasil uji coba vaksin pada puluhan ribu orang tersebut, kemungkinan hasilnya baru dapat diketahui pada November mendatang.

Ilustrasi pemberian vaksin Ilustrasi pemberian vaksin

Baca juga: Pertama Kalinya Uji Coba Vaksin Corona pada Manusia di Australia

Ratusan juta dosis vaksin corona

Lebih lanjut Fauci mengatakan Amerika Serikat seharusnya dapat memiliki 100 juta dosis dari salah satu kandidat vaksin corona, pada akhir tahun ini.

"Lalu, pada awal 2021, kami berharap memiliki beberapa ratus juta dosis (vaksin corona)," kata Fauci seperti dilansir dari CNN.

Kendati demikian, Fauci belum dapat memastikan apakah vaksin tersebut akan efektif dalam melawan virus corona baru yang menyebabkan Covid-19.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com