Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Waspada Potensi Banjir Rob 3 Hari ke Depan, Ini Daftar Wilayahnya...

Kompas.com - 04/06/2020, 12:32 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Masyarakat di sejumlah wilayah pesisir Indonesia perlu waspada akan adanya potensi gelombang tinggi dan banjir pesisir atau rob hingga tiga hari ke depan.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terdapat banyak faktor yang menjadi pemicu potensi cuaca ekstrem ini terjadi.

Di antaranya adalah, fase bulan purnama, potensi gelombang tinggi, tinggi muka air laut, pola arus laut dan kombinasi pasang air laut.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs Herizal Msi mengungkapkan potensi gelombang tinggi di Laut Jawa dan Rob di Pesisir Utara Jawa diperkirakan akan terjadi di awal Juni 2020 ini.

Baca juga: BMKG: Waspada Potensi Banjir Rob di Sejumlah Wilayah Indonesia, Ini Daftarnya...

Untuk potensi gelombang tinggi di Laut Jawa, kata Herizal, diperkirakan masih akan terjadi hari ini hingga Jumat (5/6/2020).

"Ini (potensi gelombang tinggi) memiliki kecenderungan menurun seiring dengan penurunan kecepatan angin," kata Herizal dalam keterangan tertulisnya.

Sedangkan, untuk potensi Rob masih perlu diwaspadai hingga Sabtu (6/6/2020). Hal ini dikarenakan, kondisi spring tide atau bulan purnama dan anomali tinggi muka laut positif, sehingga mengakibatkan tinggi muka air laut akan lebih tinggi daripada kondisi normal.

Baca juga: Waspada Banjir, Ini Wilayah Berpotensi Hujan Lebat hingga Sabtu

Oleh sebab itu, kata Herizal, masyarakat terutama yang bermata pencaharian dan beraktivitas di pesisir atau pelabuhan diharapkan meningkatkan kewaspadaan.

Serta, segeralah melakukan upaya mitigasi terhadap potensi bencana Rob ini. Terutama untuk daerah-daerah pantai berelevasi rendah seperti berikut.

  • Pesisir utara Jakarta
  • Pekalongan
  • Cirebon
  • Semarang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com